Perangi Covid-19, Gubernur Tetapkan Sulut Status Siaga Darurat Hingga 29 Mei 2020

0
1255
Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Manado, SULUTREVIEW

Menyikapi meluasnya penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang semakin masif, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey menetapkan daerah ini dengan status Siaga Darurat.

Kebijakan yang dikeluarkan melalui SK Gubernur nomor 07 tahun 2020 tersebut, mengacu pernyataan juru bicara pemerintah yang menangani Covid-19 dalam konferensi pers tertanggal 14 Maret 2020, yang menyatakan bahwa Sulut, telah terjangkit, yang dibuktikan dengan adanya pasien, di mana hasil laboratoriumnya terkonfirmasi positif.

Hal itu juga diperkuat oleh pernyataan World Health Organization (WHO) yang menyatakan Covid-19 sebagai pandemic pada tanggal 11 maret 2020.

“Berdasarkan pertimbangan sebagaimana acuan tersebut, sehingga perlu
menetapkan Keputusan Gubernur tentang
Penetapan Status Siaga Darurat Penanganan Bencana Non Alam Virus Corona (Covid-19) di Provinsi Sulut,” ungkap Gubernur melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Provinsi Sulut, CH Talumepa, Senin (23/03/2020).

Penetapan Status Siaga Darurat Penanganan Bencana Non Alam Virus Corona (Covid-19) di Provinsi Sulawesi Utara. Berikut Masa Status Siaga Darurat sebagaimana dimaksud, dapat diperpanjang ataupun diperpendek sesuai kebutuhan penyelenggaraan penanganan darurat bencana.

Penetapan Status Siaga Darurat, dalam rangka darurat Bencana Non AIam Pandemi Covid-19 di Provinsi Sulut, diberlakukan selama 75 hari (tujuh puluh limat hari), terhitung sejak tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

“Biaya yang timbul sebagai akibat pelaksanaan keputusan ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Anggaran
Pendapatan dan Belanja Negara, serta sumber dana iain yang sah dan tidak mengikat,” pungkasnya.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here