Mabimcab dan Kwarcab Mitra, Diharapkan Dapat Berdampak Positif Bagi Kemajuan Generasi Muda

0
67

Mitra, SULUTREVIEW – Pelantikan dan pengukuhan pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabimcab) Praja Muda Karana (Pramuka) Minahasa Tenggara (Mitra), serta pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Mitra masa bakti 2020-2025, digelar di Sport Hall Kantor Bupati, Kamis (27/2/2020).

Pelantikan Mabimcab dipimpin oleh pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Sulawesi Utara (Sulut) Vanda Sarundajang melalui Sekretaris MauritBerhandus, sementara pelantikan pengurus kwarcab dipimpin oleh Ketua Mabimcab Mitra James Sumendap.

Pengukuhan para Mabimcab dan Kwarcab tersebut diharapkan dapat berdampak positif bagi kemajuan generasi muda sedari tingkat siaga sampai pandega, 7-25 tahun.

Ketua Mabimcab James Sumendap dalam sambutannya mengatakan, kalau keberadaan gerakan Pramuka atau kepanduan ini sangat penting membentuk akhlak dan kreatifitas generasi muda saat ini, terutama menghadapi kemajuan teknologi yang sangat berpengaruh pada mental dan karakter anak.

“Keberadaan pramuka kini sudah ditunjang dengan UU 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Saya berharap organisasi pendidikan nonformal kepanduan ini dapat berjalan baik di Mitra,” ungkap James Sumendap yang juga Bupati Mitra.

Menurutnya, pramuka juga mengartikan jiwa muda yang suka berkarya karena Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga, dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka.

“Dengan prinsip dasar Kepramukaan dan metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur, Pramuka juga mengartikan jiwa muda yang suka berkarya. Ingat itu,” tandas James Sumendap.

Sementara, Ketua Kwarcab Mitra Djein Leonara Rende yang baru dilantik mengatakan bahwa pihaknya akang berupaya memajukan sifat kepanduan generasi muda di Mitra dengan melaksanakan metode yang ada.

“Dahulu kegiatan pramuka banyak digemari, tapi sekarang rupanya sudah kurang. Ini yang menjadi tugas kami, yakni membangkitkan kembali semangat kepanduan demi menciptakan karakter, mental dan akhlak generasi penerus kita,” tukas Djein Leonora Rende

Di pihak lain, Ketua Kwarda melalui Sekretaris Maurits Bernhandus memberikan apresiasi atas kepengurusan yang baru, baik Mabimcab maupun Kwarcab Mitra, serta menjelaskan sebagian agenda kegiatan Pramuka, baik tingkat Nasional maupun international.

“Kami memberikan apresiasi kepada pihak pemerintah daerah yang mendukung kegiatan Kepramukaan ini. Seluruh agenda kegiatan Kepramukaan bertujuan untuk membangun jiwa kepanduan, tanpa melupakan Dasa Dharma Pramuka atau janji setia pramuka,”pungkas Maurits Berhandus.

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut jajaran eselon II Mitra yang menjadi pengurus Mabimcab, anggota DPRD Mitra dan DPRD Provinsi serta Forkopimda Mitra. (Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here