Terkait Hasil Evaluasi APBDes, Royke Lumingas: Semua Desa ada Catatan

0
399
Royke Lumingas

Mitra, SULUTREVIEW – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Minahasa Tenggara (Mitra), sementara melakukan tahapan evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), Tahun 2019.

Dikatakan Kepala DPMD Mitra Royke Lumingas, di 135 Desa yang ada di Mitra ini, timnya melihat tentang perencanaan penganggaran baik itu Dandes, ADD, maupun pendapatan lain yang sah yang ada di desa.

“Evaluasi APBDes ini mengacu pada Permendagri 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa dengan tujuan untuk melihat kesesuaian antara perencanaan desa yang termuat dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa dengan Rancangan APBDes sebagai pedoman penyusunana APB Desa,” ungkap Lumingas kepada sulutreview, Rabu (12/2/2020).

Lebih lanjut Lumingas menuturkan, tim evaluasi juga melihat penyelarasan program di desa dan kabupaten. Jangan ada tumpang tindih sesuai dengan visi misi dari Pemerintah Daerah.

“Semua desa yang sudah dievaluasi mendapat catatan koreksi untuk disempurnakan kembali oleh desa yang bersangkutan. Kemudian akan dimasukkan kembali di DPMD paling lambat 7 hari setelah desa tersebut dievaluasi,” jelasnya

Ditambahkannya, setelah di evaluasi, tim evaluasi meneliti kembali apakah pemerintah desa sudah menyesuaikan.

“Setelah disesuaikan nantinya baru bupati akan menerbitkan keputusan bupati tentang hasil evaluasi. Setelah itu APBDes Mitra ditetapkan menjadi peraturan desa,” pungkasnya. (Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here