Pemkab Mitra Sambut Kedatangan Tim Studi Kelayakan Polda Sulut

0
251
Pemkab Mitra saat menerima Tim dari Polda Sulut

Mitra, SULUTREVIEW – Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, bersama Wakil Bupati Jocke Legi dan jajaran pejabat Pemkab Mitra sambut kedatangan Tim Studi Kelayakan Polda Sulawesi Utara (Sulut) di ruang rapat Bupati, Rabu (22/1/2020).

Sejumlah persiapan terkait pembangunan gedung perkantoran Kepolisian Resor (Polres) Mitra dibahas dalam pertemuan tersebut. Pihak Pemkab sejauh ini lepas pemekaran Instansi Kepolisian di Mitra, telah memberikan beberapa pilihan sebagai lahan untuk pembangunan Polres Mitra.

Di depan para pejabat kepolisian dan pejabat lingkungan Pemkab Mitra, James Sumendap mengatakan, lokasi-lokasi yang disediakan Pemkab diharapkan bisa sangat representatif untuk perkantoran Polres Mitra nantinya.

“Sesuai dengan harapan, lokasi yang dipilih yakni di wilayah Kelurahan Lowu Ratahan. Lokasi tersebut memang sangat strategis bila dibangun Polres Mitra. Ini dinilai dari lokasi keramaian masyarakat dan memang berada di pusat kota. Jangkauan ke berbagai kecamatan bisa cepat diakses. Diharapkan Kapolres Mitra bisa menikmati perkantoran dengan pemandangan yang baik bila sudah selesai nanti,” tutur Sumendap.

Sementara itu, PJU Polda Sulut Irwasda Kombes Pol Drs Ahmmad Alwi, MM bersama tim yang dinamai Tim Studi Kelayakan Polda mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Bupati Mitra bersama Wabup yang sudah menyambut hangat kehadiran mereka saat ini.

“Tentunya atas perintah Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut, dengan dibentuknya Tim kelayakan Polda untuk menilai kelayakan lokasi pembangunan Polres Mitra, bisa di sambut positif pemerintah setempat yakni Bupati James Sumendap bersama Wabup Jocke Legi,” ujar Alwi.

Lebih lanjut, pihak Polda memastikan pembangunan perkantoran Polres Mitra setelah dilakukan beberapa kajian sebagai penunjang pembangunan dan untuk dilaporkan di Mabes Polri, dipastikan awal 2021 segera dibangun.

“Memang untuk mempercepat pembangunan perkantoran Polres Mitra. Kami selaku tim yang dibentuk untuk melihat kelayakan lokasi sebagai laporan ke Mabes Polri, butuh kajian lebih lagi terkait masalah personil, sarana prasana penunjang, ketersediaan senpi, kendaraan dan banyak lagi. Diharapakan dengan tahapan-tahapan yang sudah dilakukan, bisa mempercepat penyaluran anggaran dari Mabes Polri untuk pembangunan Polres Mitra,” jelas Alwi.

Ia menambahkan, hasil tinjauan hari ini bakal segera dilaporkan kepada Kapolda Sulut yang saat ini sementara dalam kunjungan ke Mabes Polri untuk langsung dipaparkan di Mabes Polri bahwasanya hasil tinjauan hari ini, Polres Mitra siap untuk dibangun gedung perkantoran.

“Nanti lepas dari kunjungan hari ini, laporan akan langsung dikirim kepada Kapolda untuk dipaparkan di Mabes Polri. Hasilnya nanti, diharapkan bisa dipercepat untuk pembangunan Polres Mitra. Sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi nantinya,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Mitra Robby Rahardian mengatakan, pihaknya untuk saat ini menunggu anggaran dari Mabes Polri untuk pembangunan perkantoran Polres Mitra.

“Untuk saat ini saja, kami kami masih sangat minim masalah personil. Itu dulu yang menjadi evaluasi kita. Sekarang saja baru ada 30 personil di Mitra. Sedangkan standart suatu Polres harus memiliki 500 personil. Untuk kedepannya nanti dilihat seperti apa, yang pasti kami berharap bisa dipercepat untuk pembangunannya,” tutup Rahardian. (jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here