Penerbangan Hangzhou-Manado Bakal Tingkatkan Kunjungan 200 Ribu Wisman

0
114

Manado, SULUTREVIEW

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey menargetkan kunjungan pelancong mancanegara ke Sulut sebanyak 200 ribu orang.

Berbagai terobosan terus dikerjakan untuk mencapai target tersebut. Satu diantaranya, penerbangan perdana maskapai Lion Air rute Hangzhou (China)-Manado yang tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sabtu (18/1/2020).

Penerbangan charter Lion Air dari Bandara Internasional Xiaoshan Hangzhou ini menempuh perjalanan udara selama lima jam.

Rute baru yang dijadwalkan terbang tiga kali dalam seminggu ini menjadikan sektor pariwisata sebagai penggerak ekonomi Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw.

Diketahui, Hangzhou menjadi kota ke delapan di China yang dilalui penerbangan maskapai Lion Air dari Manado. Tujuh kota lainnya yaitu, Guangzhou, Shanghai, Tianjing, Nanjing, Xi an, Changsha dan Fuzhou.

Strategi Olly membuka penerbangan langsung ke China terbukti melancarkan arus masuk wisman ke Sulut.

BPS Provinsi Sulut mencatat secara kumulatif kunjungan wisman ke Sulut sebanyak 118.844 orang pada Januari 2019-November 2019. Pencapaian itu naik 4,96 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Sepanjang periode itu, kunjungan wisman asal China juga mendominasi sebanyak 105.738 orang. Adapun, pelancong asal Jerman menempati posisi kedua dengan 2.158 orang kemudian disusul turis Amerika Serikat sebanyak 1.529 orang,” kata Kepala BPS Sulut Atteng Hartono.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here