Roring dan Dondokambey Hadiri AIS Forum

Manado, SULUTREVIEW

Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, M.Si bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si menghadiri pembukaan Archipelagic and Island State (AIS) Forum yang diselenggarakan di kompleks Pohon Kasih Megamas Manado, Kamis (31/10/2019).

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE berterima kasih kepada Kementerian Koordiantor Bidang Maritim dan Investasi atas terselenggaranya acara AIS forum di Sulawesi Utara, seraya berharap acara tersebut bisa berjalan lancar hingga selesai.

Gubernur Olly juga berterimakasih kepada para delegasi dari negara-negara peserta yang telah bersedia hadir dalam acara tersebut.

“Terimakasih kepada para delegasi yang telah hadir dalam acara ini, kiranya kedatangan pertama ini akan berlanjut seterusnya sehingga provinsi Sulawesi Utara akan lebih dikenal,” ujar orang nomor satu di Sulut ini.

Dalam sambutannya Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, AIS forum ini merupakan kerja sama 6 negara kepulauan dan 41 negara pulau yang dimulai tahun 2018 lalu, dengan tujuan saling mendukung upaya membangun ekonomi dan kesejahtraan masyarakat, kegiatan ini diharapkan dapat memperluas kerjasama diantara negara-negara AIS forum dan kerjasama antar pemerintah untuk mengumpulkan semua pemangku kepentingan untuk menggerakan potensi dari segenap sektor masyarakat dalam memecahkan berbagai masalah yang kita hadapi di negara-negara kepulauan.

Menteri Luhut juga berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun yang juga difokuskan pada mendorong perkembangan usaha rintisan di bidang digital karena pelaku dan komunitas di bidang ini adalah salah satu kelompok front runner penggerak ekonomi dunia di masa depan.

Menteri mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan khususnya sampah plastik agar tidak dibuang ke laut, karena sampah palstik bisa meleleh dan dimakan ikan, dan ikan yang sudah terkontaminasi dengan sampah plastik akan mengakibatkan stunting jika dikonsumsi ibu hamil.

Bupati Royke Roring sendiri berharap agar kegiatan ini akan membawa dampak positif dalam membangun Sulawesi Utara dan Minahasa pada khususnya terutama dalam bidang usaha berbasis digital dan investasi.

“Saya berharap melalui kegiatan ini akan berdampak bagi lingkungan dan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.