Roring dan Gubernur Bahas Karhutla

0
127

Manado, SulutReview.com

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring, MSi menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sulawesi Utara tahun 2019 di Ruangan CJ Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Senin (16/9/2019).

Rapat dipimpin Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, menyusul terjadinya kebakaran di delapan wilayah.

Pemprov sendiri sangat serius menyikapinya. Hal itu diungkapkan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang menyiapkan dana sebesar Rp5 miliar.

Menurut Olly penangananan karhutla berbeda dengan bencana lainnya seperti banjir dan tanah longsor yang dapat diatasi pasca kejadian.

“Tetapi penanganan karhutla tidak harus menunggu adanya bencana baru dana keluar. Kita sudah siapkan dana jadi apa yang dilaporkan adanya kebakaran di kabupaten/kota harus ditindaklanjuti,” ungkapnya dalam rapat koordinasi pengendalian karhutla di ruang CJ Rantung, Senin ( 16/9/2019).

Pada rapat ini Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring, MSi Memberikan laporan yaitu untuk Minahasa pada saat ini ada 50 kejadian kebakaran.

“Awalnya hanya membakar sampah tapi akhirnya membesar dan penanganan saat ini ada kerja sama dengan TNI Polri,” katanya.

Dari semua kejadian masih ada satu yang belum tuntas yaitu di wilayah Warembungan.

“Sudah ada kerja sma dengan pihak kepolisian. Juga kejadian kebakaran hutan di Kecamatan Tombulu itu pun sudah langsung diproses,” tandasnya.

Bupati Minahasa juga meminta petunjuk dan arahan serta dana untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Minahasa.

Pada kesempatan ini, gubernur mengeluarkan penetapan status penanganan darurat melalui penerbitan surat keputusan. Untuk dapat menggunakan dana darurat tak terduga APBD dan mengajukan permohonan Dana ke BNPB Pusat.

Turut hadir, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Harjantho, Pangdam XIII Merdeka Mayor Jendral TNI Tiopan Aritonang, Wakajati, dan DanLanut, Bupati/Walikota se Provinsi Sulut, para Kepala BPBD se Kab/Kota Prov Sulut, Para Kepala Damkar se Kab/kota Prov Sulut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Minahasa DR Denny Mangala MSi, Kepala BPBD Minahasa Yanes Pesik, Kadis Damkar Minahasa Alexander Mamesah.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here