Masyarakat Minahasa Diminta Waspadai Karhutla

0
250

TONDANO, SULUTREVIEW

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Maya Marina Kainde, SH, MSi menyampaikan imbauan kepada seluruh lapisan masyarakat Minahasa untuk menjaga, memelihara serta melestarikan hutan dan lahan dari bahaya kebakaran (karhutla).

Harapannya ada kesadaran sosial dan hukum kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.

“Misalkan membuka lahan pertanian dengan cara melakukan pembakaran hutan, membuang putung rokok sembarangan maupun membuat titik api dekat lahan atau hutan yang mudah terbakar,” katanya Kamis (29/8/2019).

Masyarakat diingatkan juga agar selalu berhati-hati dalam menyalakan obat nyamuk, jika ingin menghidupkan obat nyamuk lebih baik menggunakan wadah dari seng serta jauhkan dari jangkauan barang-barang yang mudah terbakar.

‚ÄúDemikian juga dengan kompor gas dan alat alat elektronik. Khusus alat elektronik, agar dimatikan jika sedang berpergian diluar rumah, sehingga dapat mencegah atau meminimalisir dampak bahaya kebakaran rumah,” tukasnya.

Diketahui, beberapa hari terakhir ini, sering terjadi kebakaran lahan, seperti di Pineleng, Sawangan, Tombariri dan Togela Tondano.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here