Prosesi Peringatan HUT ke 74 Proklamasi RI di Minahasa Sarat Makna Historis

0
196

TONDANO, SULUTREVIEW

Seluruh rangkaian prosesi peringatan HUT ke 74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang digelar Pemerintah Kabupaten Minahasa sarat makna historis.

Mengusung tema ‘SDM Unggul Indonesia Maju’ kegiatan HUT RI diawali dengan upacara pemberian Remisi yang digelar di Lapas kelas II B Kelurahan Papakelan Tondano pukul 07.00 Wita, dengan Wakil Bupati Robby Dondokambey sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Selanjutnya, pada pukul 08.30 Wita, barisan para Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) menjemput Bendera Merah Putih di kediaman Bupati Minahasa dalam parade Penjemputan Dokumen Negara, yang sudah dinantikan Inspektur Upacara Bupati Royke Roring.

Para Pasukan Pengibar Bendera ini, kemudian menghantar bendera Pusaka ini ke Podium Tempat digelar Upacara Perayaan HUT RI di Stadion Maesa Tondano.

Tepat Pukul 09.00 Wita, iring-iringan Pemerintah Kabupaten Minahasa baik Bupati Royke Roring didampingi Ketua TP PKK Minahasa Ny Fenny Roring-Lumanau serta Wakil Bupati Robby Dondooambey didampingi Wakil Ketua TP PKK Ny Martina Dondokambey-Lengkong memasuki area panggung kehormatan di lapangan Maesa Tondano dan Perwira Upacara adalah Kapten Inf Maxen Mentang mengambil alih jalannya upacara.

Makna Detik-detik Proklamasi yang dibacakan oleh Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, ini lebih terasa hikmatnya saat derap langka Paskibraka memasuki lapangan Upacara, dengan Formasi Barisannya 17, 08 dan 45, yaitu pasukan 17 dan 08 merupakan perutusan dari setiap Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Minahasa serta dibantu TNI-Kodim 1302 Minahasa serta Anggota Polres Minahasa.

Monika Gabriela Lantang Siswi SMA Negeri 3 Tondano, putri pasangan Jotje Bastian Lantang dan Pdt Magtje Korompis wanita pembawa baki pun menjadi pusat perhatian para peserta upacara, dengan langkah pasti menaiki panggung kehormatan dan menjemput sang Merah Putih di tangan Inspektur Upacara Royke Roring MSi yang juga di masa pemerintahannya sebagai Bupati merupakan kali pertama menyerahkan Bendera Kebanggaan Indonesia dalam peringatan HUT Kemerkekaan RI.

Diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dikumandangkan SMA Negeri 3 Tondano, Bendera Merah Putih berkibar dengan gagahnya ditiang Bendera yang dikibarkan tiga anggota Paskibraka.

Usai upacara peringatan Pengibaran Bendera Merah Putih, ROR-RD melanjutkannya ke Upacara Ziara ketaman makam pahlawan Nasional Dr. GSSJ Ratulangi dan tampil sebagai Inspektur Upacara Plh Kejaksaan Negeri Minahasa Fien Rring, yang dirangkaikan dengan tabur bunga ke makam pahlawan kebanggan Minahasa itu.

Sebagai Ungkapan syukur atas penyertaan Tuhan sepanjang siang hari itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar jamuan kasih bersama Para pejuang Veteran Minahasa di Rumah Dinas Bupati.

Bupati Ir.Royke Oktavian Roring pun kembali menjadi Inspektur upacara penurunan Bendera Merah Pukul 16.30 Wita.

Dan Puncak Kegiatan Peringatan HUT Proklamasi RI ke–74 berakhir dalam Toast Kenegaraan Kemerdekaan pukul 19.00 Wita  di Rumah Dinas Bupati Sasaran Tondano.

Juga dilakukan ibadah syukur bersama dan dilanjutkan dengan sambutan Bupati Minahasa dan peniupan lilin HUT ke 74 RI, serta dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan bagi seluruh siswa Paskibraka.

“Peringatan kemerdekaan tahun ini hal yang istimewa karena untuk pertama kalinya bagi kami, bupati dan wakil bupati saat memimpin Kabupaten Minahasa,” ungkap Bupati ROR.

“Kiranya menjadi momentum introspeksi, rekonsiliasi dan koreksi diri dalam mereview setiap upaya dan karya yang telah kita abdikan sekaligus menyatukan semangat kebersamaan merespons dinamika yang terjadi sekarang dan yang akan datang,” ujarnya lagi.

Kegiatan ditutup dengan Toast Kenegaraan yang dipimpin langsung Bupati Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (ROR-RD) yang digelar di Rudis Bupati di Tondano, Sabtu (17/08) malam.

Hadir dalam rangkaian kegiatan sepanjang hari itu, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng dan para Asisten Sekdakab Minahasa, serta jajaran pejabat Pemkab dan dari unsur Forkopimda yaitu Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK bersama isteri, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos bersama isteri, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sujatmiko SH MH dan Plh Kejari Minahasa Fien Ering SH MH, Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw, para Komisioner KPU Minahasa Ketua Lord Arthur Malonda SPd, para Anggota Bawaslu Rendy Umboh, serta para undangan dan warga.(engel)

(advetorial protokol dan humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here