Manado  

Pemkot Manado dan IKISST Meriahkan Upacara Adat Tulude

Manado,SULUTREVIEW

Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST), sebagai Panitia Upacara Adat Tulude Tahun 2019, terus mematangkan semua persiapan demi suksesnya upacara adat warga Nusa Utara yang sedianya akan digelar pada, Kamis 14 Februari 2019 mendatang.

Ketua IKISST Urbanus Naharia mengatakan, rundown acaranya seperti pengisian acara, pagelaran yang akan tampil serta tamu undangan dan VIP sudah siap.

“Rundown acaranya sudah dipersiapkan hingga tamu dan undangan. Semua kabupaten kota kami undang,” ujarnya.

Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut SH MSi DEA selaku pemerintah kota manado mengatakan, pelaksanaan upacara adat Tulude ini sebagai komitmen dirinya dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan SE untuk melestarikan seni dan budaya di Kota Manado.

Apalagi budaya Nusa Utara ini telah ikut memperkaya budaya di Kota Manado yang sangat plural dan toleran.

“Sudah menjadi tekad saya dan pak Wakil untuk melestarikan semua budaya yang ada di kota manado, termasuk budaya Nusa Utara yang telah memperkaya budaya di kota manado,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Terkait kalender pariwisata pesta adat Tulude, Walikota GSVL menyerahkan kepada IKISST yang menentukan tanggal yang tepat untuk ditetapkan sebagai iven pariwisata tahunan Kota Manado.

“Kami mengajak semua warga Manado asal Nusa Utara untuk bersama-sama dalam upacara adat Tulude ini,” ajak Walikota GSVL.

Ada yang menarik dari upacara adat Tulude tahun 2019 nanti, prosesi kue adat Tamo akan diarak dari gereja GMIM Sentrum sampai di lokasi pusat kegiatan di lapangan Sparta Tikala.(rizky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.