Unsrat Raih Peringkat 31 Perguruan Tinggi Terbaik se Indonesia

0
604

MANADO, SULUTREVIEW

Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Betapa tidak, di tengah upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Unsrat menempati peringkat 31 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

“Menjadi kebanggaan bersama, karena di pertengahan tahun 2018, Unsrat menyandang peringkat ke 31 dalam urutan universitas terbaik se Indonesia, klasterisasi non vokasi yakni untuk Universitas, Institut, dan sekolah tinggi,” ungkap Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA, Selasa (28/8/2018).

Pengumuman peringkat ini, lanjut Kumaat secara resmi disampaikan dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018 di di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Jumat (17/8/2018).

“Urutan peringkat ini, posisinya melonjak dari urutan sebelumnya di tahun 2017, di mana Unsrat menduduki posisi 47. Dan tahun 2017 kembali di posisi 43. Sedangkan tahun 2015 pada posisi peringkat 70 se Indonesia,” sebut Kumaat.

Pada era kepemimpinannya, Unsrat banyak meraih berbagai prestasi yang membuahkan pengakuan dari Kemenristekdikti. Hal itu sesuai penilaian utama dari klasterisasi peringkat yang didasarkan pada
sejumlah kriteria yakni kualitas SDM. Berikut kualitas tenaga dosen dan kependidikan maupun kualitas kelembagaan, yang mencakup akreditasi institusi dan program studi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta kualitas inovasi.

“Puji Tuhan, ini hasil yang sangat menggembirakan dan membanggakan, pastinya hasil kerja keras semua civitas akademika Unsrat sehingga perlahan namun pasti nama Unsrat mulai diakui di mata perguruan tinggi secara nasional maupun internasional,” tutur Prof Ellen Kumaat.

Lanjut dia, dengan capaian ini,  Unsrat akan terus giat bekerja dan berkarya sehingga peringkat yang didapat bisa terus ditingkatkan. Diharapkan tahun 2019 akan lebih baik lagi.

“Merupakan suatu kepercayaan besar sekaligus juga tantangan agar prestasi dapat terus dikembangkan. Minimal tahun depan dapat masuk 10 besar masuk dalam klaster 1. Hal ini dibutuhkan kerja sama dan topangan dari semua pihak,” katanya optimis.

Peningkatan peringkat, sambungnya  akan lebih mendapatkan perhatian pemerintah, terutama dalam upaya pengembangan kampus.

Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA.

“Klasterisasi ini juga dapat dijadikan dasar bagi Kemenristekdikti untuk melakukan pembinaan perguruan tinggi serta meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia maupun penyusunan kebijakan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi dalam memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai performa Unsrat,” ungkapnya.

Ditambahkan juru bicara Unsrat, Hesky Kolibu ST MT, bahwa prestasi ini selain membuat nama Unsrat kian diperhitungkan juga berdampak positif pada penambahan kuota beasiswa bidikmisi, revitalisasi hingga peningkatan biaya operasional perguruan tinggi.

“Semoga ke depan, dengan perhatian dan pengakuan Kemenristekdikti akan membuat nama Unsrat kian harum menuju cita-cita sebagai kampus berkelas dunia,” harap Kolibu.(hilda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here