Persit Kartika Chandra Kirana Gulir Program Cegah Dini Kanker

0
324

Manado, SULUTREVIEW – Sebagai bentuk kepedulian kepada perempuan, pengurus Persit Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) Koorcab Rem 131/Santiago bekerja sama dengan Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia, pada Rabu (31/1/2018) melaksanakan penyuluhan kesehatan tentang cegah dini kanker serviks di Aula Santiago, Makorem.

Persit di bawah asuhan, Ny Mita Lenarti Joseph Robert Giri selaku Ketua Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka bekerja sama dengan Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI) Cabang Provinsi Sulut.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah yang positif sebagai upaya cegah dini terhadap semua hal yang menyangkut kanker, mulai dari gejala awal hingga usaha medis untuk pencegahan serta pengobatan.

”Penyakit termasuk penyakit paling mematikan bagi kaum perempuan, untuk itu ibu-ibu persit perlu mengenal gejala awal hingga cara pengobatan,” katanya.

Sementara itu, Kapenrem 131 Santiago Mayor Inf Fathan Ali menambahkan, yang penting dilakukan oleh para ibu-ibu Persit adalah melakukan pemeriksaan, jika telah terindikasi ada bibit penyakit atau gejala awal penyakit kanker itu ada, maka yang dilakukan selanjutnya adalah langkah pengobatan.

“Saya harap para ibu persit memahami dengan bijaksana dampak dari penyakit mematikan ini, sebelum kondisi pada stadium yang sudah untuk disembuhkan,” sebut Fatha .

Dalam sosialisai tersebut juga dijelaskan tentang pencegahan penyakit kanker dengan mengunakan tumbuh-tumbuhan yang dikomsumsi dengan aturan-aturan yang harus dilaksanakan. “Tumbuhan tersebut juga selain dapat mengobati kanker juga dapat mencegah segala penyakit yang ada,” ujar Kapenrem.

Di akhir kegiatan sosialisasi Yayasan sosialisasi Kanker Indonesia cabang Provinsi sulut juga menyerahkan salah satu tumbuhan pencegah kanker oleh kapala cabang YSKI, Rabisiah SKep yang juga Kepada Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka Ny Diana Nurkartika Endro Satoto berupa tumbuhan Temu Putih di mana tumbuhan belum ada di Manado .

Kegiatan penyuluhan turut menghadirkan narasumber Ns Andi Desimusvira, SKep dan Rabasia SKep, Kasipers Korem 131/Santiago Kolonel Inf Ardiyanto selaku Pembina Harian Persit Koorcab Rem 131/Santiago, Wakil Ketua Persit Koorcab Rem 131/Santiago dan para ketua cabang jajaran Koorcab Rem serta anggota Persit KCK Koorcab Rem dan Kodim 1302/Minahasa, Dim 1309/Manado, Dim 1310/Bitung serta Yonif Raider 712/Wiratama.(rizky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here