Pameran Kriyanusa 2023, Ny Rita Optimistis Buka Akses Pasar Perajin

Ny Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan saat menghadiri Pameran Kriyanusa 2023. Foto : istimewa

Jakarta, Sulutreview.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Ny Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan bersama Wakil Ketua Dekranasda dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS, menghadiri Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) Tahun 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2023).

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Dekranasda Sulut, mengikuti Fashion Show Kriyanusa dengan memakai busana khas Sulut.

Pameran Kriyanusa Tahun 2023, yang dipaksanakan pada 13-17 September 2023 ini, dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku Pembina Dekranas didampingi Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin.

Bertema “Kriya Unggul, Indonesia Maju” dengan tagline “Cinta Kriya, Bangga Buatan Indonesia” tersebut, hadir seluruh Dekranasda provinsi dan kabupaten/kota, yang mengusung budaya DKI Jakarta.

“Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) Tahun 2023 saya buka,” tutur Iriana.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin, menyampaikan salah satu aspek yang menarik perhatian dunia, adalah kreativitas luar biasa yang terkandung dalam setiap produk kriya unggul Indonesia.

Wakil Ketua Dekranas ikut fashion show

“Para perajin lokal sangat terampil dalam menggabungkan tradisi dan inovasi untuk menciptakan produk yang memikat pasar global,” katanya.

Dengan sentuhan kreatif mereka, produk kriya seperti batik, wastra, anyaman, gerabah, ukiran telah menarik perhatian konsumen di seluruh dunia. Hal tersebut adalah langkah awal dalam perjalanan panjang menuju Indonesia yang lebih maju.

Melalui Kriyanusa 2023, Ny Rita berharap produk kerajinan unggulan Sulut, akan semakin dikenal sehingga mampu membuka akese pasar.

“Dengan demikian perajin yang merupakan pelaku UMKM di Sulut, akan semakin termotivasi, berkreativitas dan berinovasi untuk naik kelas dan merambah pasar domestik maupun internasional,” jelasnya

Kriyanusa merupakan Pameran Kerajinan berskala nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Dekranas dengan komitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kriya Indonesia.

Acara ini juga dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan perluasan pasar kriya Indonesia. Dekranas melaksanakan Pameran Kriyanusa untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi para pengrajin kriya.

Pameran Kriyanusa 2023 ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai acara seperti talkshow, demo kerajinan kriya, peragaan busana dan kesenian dari berbagai daerah yang akan berlangsung setiap hari.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.