Sinyal Olly Dukung Steven di Pilkada 2024, Liando Bilang ada Rasa Nyaman

Ferry Daud Liando. Foto : istimewa

Manado, Sulutreview.com – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey memberikan sinyal kuat kepada Wakil Gubernur Steven OE Kandouw, untuk maju di kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Olly yang juga merupakan Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) ini,
secara eksplisit, bahkan dengan selorohannya, mengajak untuk memberikan suara kepada Kandouw di Pilkada 2024.

“Saya berharap pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman, tenteram damai dan terpilih lagi Pak Wagub (Steven OE Kandouw-red),” katanya.

Menyikapi sinyal Gubernur Olly tersebut,
Dosen Kepemiluan FISIP Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Ferry Daud Liando, mengatakan bahwa kader-kader yang dibentuk dan dipersiapkan Olly di PDIP sangatlah banyak. Sebagian telah menduduki jabatan penting baik di legisltif maupun di eksekutif.

Hampir semua kepala daerah yang tersebar di kabupaten/kota yang diusung PDIP merupakan kader-kader binaan yang juga melanjutkan apa yang sudah di lakukan almarhum Freddy H Sualang.

“Saya sangat memaklumi jika Pak Olly memberi sinyal dengan menyebut nama Pak Steven. Karena hampir 10 tahun dalam mendampingi Pak Olly, Pak Steven mampu melakukan keseimbangan,” ungkap Liando.

Liando menilai, Kandouw mampu menempatkan posisinya sebagai wakil gubernur. “Beliau (Kandouw-red) tahu menempatkan posisinya sebagai wakil gubernur. Meskipun beliau memiliki gagasan-gagasan besar, namun gagasan itu tidak mungkin beliau eksekusi jika tidak mendapat restu dari Pak Olly,” kata Liando.

Belajar dari pengalaman di sejumlah daerah lain, baik di luar daerah atau di Sulut sendiri, banyak terjadi konflik antara kepala daerah dan wakilnya.

“Salah satu sebab adalah pemahaman wakil kepala daerah yang ingin menempatkan diri sejajar dengan kepala daerah,” tukasnya.

Terlepas dari apakah ada keterbatasan tentang model atau gaya kepemimpinan kepala daerah, namun tidak serta merta pejabat wakil kepala daerah mengambil posisi setara.

“Cara ini disadari betul oleh Pak Steven sehingga Pak Olly sangat nyaman didampingi oleh Pak Steven,” tambah Liando.

Bukan itu saja, loyalitas dan kedisiplinan Steven Kandouw, kemungkinan menjadi salah satu sebab mengapa Olly menyebut nama Kandouw untuk melanjutkan kepemimpinannya.

“Karena Pak Olly sangat tahu betul loyalitas Pak Steven, yang dinilai tepat untuk melanjutkan kepemimpinannya,” tegas Liando.(eda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.