Minut  

Empat Unit Kapal Pusling Siap Layani Masyarakat Minut Kepulauan

Empat unit kapal siap layani Kesehatan masyarakat di kepulauan. Foto : istimewa

Minut, Sulutreview.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dibawah nahkoda Bupati Joune JE Ganda SE MAP MM MSi dan Wabup Kevin William Lotulong SH MH terus menunjukkan kepeduliannya untuk masyarakat Minut khususnya di bidang kesehatan. Tak hanya di darat, kali ini mengcover seluruh masyarakat kepulauan.

Bupati Minut Joune JE Ganda SE MAP MM MSi meresmikan sekaligus menyerahkan 4 kapal Puskesmas Keliling Laut yang berhasil dilobi dari Kementrian Kesehatan RI lewat DAK 2023 untuk segera beroprerasi, pada Jumat (7/7/2023).

Bupati mengatakan, kehadiran kapal ini, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kepulauan dan pesisir pantai.

Saya ingat saat berbincang dengan berapa masyarakat yang ada di kepulauan. Ada masyarakat yang menceritakan tentang kisah sulitnya mendapatkan pengobatan. Bahkan ada yang keluarganya meninggal di kapal sebelum sampai di darat untuk mendapatkan pengobatan.

“Untuk itu, dengan hadirnya Puskesmas Keliling Laut ini, tidak ada lagi keluhan warga kepulauan untuk mendapatkan pertolongan medis. Saya berharap, kapal-kapal ini selalu dirawat sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama,” tukas Buapti.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Minut dr Stella Safitri MKes menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan menambah jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah kepulauan, selain untuk membantu tugas pelayanan juga merawat Puskesmas Keliling Laut tersebut.

“Tenaga kesehatan harus bisa membantu pelayanan kesehatan serta ikut bertanggung jawab menjaga merawat kapal tersebut supaya dapat beroperasi dengan baik yang nantinya kepala Puskesmas setempat juga ikut mengawasi memelihara bantuan ini,” jelas Safitri.

Selain tenaga kesehatan, juga akan diatur biaya perawatan, pemeliharaan kapal serta bahan bakar agar supaya Puskesmas Keliling Lauttetap bisa beroperasi dengan baik.

“Memang kurang maksimal karena anggaran, tapi tetap akan berupaya semaksimal mungkin untuk kepentingan pelayanan kesehatan di sana,” tutup Safitri.(Josh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.