Kandouw Optimistis Malaysia Showcase 2022 Buka Peluang Bisnis

Malaysia Showcase 2022 membuka akses kerja sama. Foto : ist

Manado, Sulutreview.com – Kedutaan Besar Malaysia melakukan promosi bertajuk Malaysia Showcase 2022 yang membidik sejumlah potensi di Sulawesi Utara (Sulut). Baik sektor pariwisata, pendidikan, kesehatan dan imigrasi Malaysia untuk urusan konsulat.

Pejabat Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Adlan Muhammad Shaffieg, secara khusus mengungkap berbagai peluang yang diharapkan dapat dikolaborasikan.

“Kunjungan kami yang pertama di Manado, untuk meraih peluang, mulai dari perdagangan, investasi, pendidikan, kesehatan serta melihat bagaimana melakukan sinergi dan kolaborasi maupun kerja sama. Bukan hanya promosi pariwisata tetapi juga yang lain,” ungkap Adlan saat hadir di Malaysia Showcase 2022 yang dilaksanakan di hotel Four Points,

Agenda promosi Malaysia yang dilakukan pasca pandemi, sebut Adlan, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kedatangan pelancong mancanegara.

“Sebelum pandemi jumlah kedatangan pelancong ke Malaysia dari seluruh dunia mencapai 4,5 juta orang. Dan pasca dibukanya pembatasan per 1 April 2022 telah menyasar 400 ribu orang. Ke depan dengan adanya kolaborasi akan lebih banyak lagi,” kata Adlan.

Adlan Muhammad Shaffieg

Tidak hanya mempromosikan pariwisata sobagai keunggulan Malaysia, Adlan juga mempromosikan potensi pendidikan di Malaysia.

“Kurang lebih ada 130 ribu mahasiswa asing di Malaysia dari 166 negara di seluruh dunia, dan sekitar 11,900 mahasiswa berasal dari Indonesta,” katanya.

Untuk bidang kesehatan, sebut Adlan, Malaysia memiliki layanan pengobatan yang tersebar di Kuala Lumpur, Selangor, Melaka dan Penang.

“Pada tahun 2019 kurang lebih ada 670 ribu pasien dari Indonesia yang berobat di rumah sakit Malaysia,” ujarnya.

Adlan menambahkan kelangsungan hubungan perdagangan dua negara. Di mana pada perlode Januari hingga Juni 2022, Indonesia merupakan mitra dagang Malaysia ke-6 terbesar dari seluruh dunia dan kedua terbesar di antara negara-negara ASEAN setelah Singapura.

“Keseluruhan jumlah perdagangan darl Januari hingga Juni 2022, antara Malaysia dan Indonesia telah mencapai USD14,33 miliar, yang menunjukkan terjadi peningkatan sebanyak 37.9% berbanding USD10.39 miliar pada periode yang sama di 2021,” urainya sembari berharap antara Manado dan Malaysia akan terbuka akses kerja sama yang tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak.

Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw yang sempat hadir mengatakan bahwa Indonesia bukan hanya Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Tetapi juga ada Sulut yang memiliki berbagai unggulan.

Wagub Steven Kandouw

“Sulut memiliki 2,6 juta jumlah penduduk atau hanya satu persen dari total penduduk Indonesia. Walaupun Sulut kecil tetapi saya bangga, karena merupakan salah satu provinsi yang tingkat kemiskinannya rendah. Demikian juga pertumbuhan ekonomi survive di atas nasional,” jelasnya.

Kandouw juga mempromosikan Sulut sebagai salah satu provinsi yang paling bahagia. Demikian juga dengan kehidupan masyarakatnya yang rukun dan damai. Sehingga Presiden dalam waktu dekat ini akan memberikan penghargaan,” katanya.

Untuk bandara Sama Ratulangi, Sulut dilalui maskapai internasional dengan direct flight dari Sulut yang membuka akses ke Singapura, dengan Scoot Air yang saat ini frekuensinya ditambah.

“Terbukanya akses ini, Sulut akan makin dikenal. Sulut bisa jadi gerbang Kuala Lumpur di wilayah Indonesia Timur, untuk konektivitas dua negara,” ungkap Kandouw.

Selain itu, Kandouw juga merinci tentang potensi perikanan dan perkebunan, di mana Sulut memiliki 7 pabrik pengalengan ikan terbesar ditambah produk pala dan kelapa yang saat ini juga menjadi produk unggulan ekspor Sulut. Sehingga terbukanya kerja sama akan menjadi peluang bisnis yang akan memberikan keuntungan dua negara.

Turut hadir, Kepala Dinas Pariwisata Henry Kaitjili, Kepala Dinas Pendidikan Liesje G Punuh, Kepala Dinas PTSP Sulut Franky Manumpil, Kepala Dinas Kesehatan Debby Kalalo dan Kepala Biro Organisasi Weldy Poli, Debby Kalalo serta perwakilan Rektorat Unsrat Manado.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.