Tingkatkan Standar Pendidikan, Disdik Boltim Gelar Pendataan Program Kesetaraan Paket A, B dan C

Kabid PNFI Harianto Mamonto, S.Pd. Foto : Taslim

SULUTREVIEW.COM, BOLTIM-Tahun ini Dinas pendidikan (Disdik) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Melalui Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Non Formal (PNFI) Harianto Mamonto Gandeng Pemerintah Desa (Pemdes) Lakukan Pendataan Program Kesetaraan Paket A, B dan C.

Hal ini di ungkapkan Kabid PNFI Harianto Mamonto, Senin, (28/3/2022) di ruang kerjanya.
Kepada SULUTREVIEW.COM Kabid PNFI Harianto Mamonto, S.Pd mengatakan, Program ini adalah merupakan program kesetaraan yang rutin di lakukan  Oleh PNFI di setiap tahunya, melalui pendataan paska masuk tahun ajaran baru. Sedangkan sistem Pembelajaranya melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Program Kegiatan Masyarakat Belajar (PKBM) dan beberapa titik pembelajaran yang sudah di siapkan di beberapa desa. 

“Pendataan yang melibatkan pemdes, agar mengetahui berapa jumlah anak-anak yang putus sekolah di Desa-desa, untuk bisa melanjutkan kembali studinya melalui program kesetaraan paket AB dan C,” terang Harianto.

Lanjutnya, program diperuntukkan bukan hanya bagi siswa siswi yang putus sekolah saja, namun juga untuk masyarakat umum.
“Program ini merupakan penuntasan wajib belajar 7-18 tahun, dan untuk pendidikan masyarakat (Dikmas) umum,” jelas Harianto.
Ia juga menambahkan, hal ini dilakukan agar kita bisa mengukur sejauh manaIndeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup. 

“Melalui IPM ini, kita bisa menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya, Kami targetkan ” tutupnya Harianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.