Unsrat Sabet Juara 3 Lomba Pengelolaan Data

Wakil Rektor Unsrat Bidang Perencanaan Penganggaran dan Kerjasama, Sangkertadi saat menerima penghargaan. Foto : istimewa
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) berhasil meraih juara tiga lomba pengelolaan data kerjasama antar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Layanan Umum (BLU) di aula Dikti Lantai 3 gedung D Kemdikbudristek, Jakarta pada Kamis (13/1/2022).

Pada tahun 2021, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi telah melakukan penilaian atas kinerja PTN, PTS, dan LLDIKTI dalam berbagai bidang, untuk mencapai target Indikator Kinerja Utama (IKU) dan khususnya dalam menunjang keberhasilan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Bacaan Lainnya

Perguruan Tinggi atau LLDIKTI yang berprestasi memperoleh award berupa aungerah diktiristek 2021, yang terbagi atas 4 kelompok utama, yaitu anugerah kampus merdeka, anugerah kerja sama, anugerah humas, dan anugerah jurnalis dan media.

Unsrat berhasil memperoleh juara 3 dengan kategori pengelolaan data kerjasama pada lingkup PTN BLU.

Wakil Rektor (WR4) Unsrat, Bidang Perencanaan Penganggaran dan Kerjasama Prof.Dr.Ir.Sangkertadi, mewakili Rektor Prof Dr Ellen Joan Kumaat MSc DEA menerima award tersebut.

Menurutnya, kegiatan lomba mengenai kerja sama ini baru pertama kali diselenggarakan, dan proses penilaiannya tentu berdasarkan kinerja tahunan yang dipantau serta dilaporkan oleh masing masing Perguruan Tinggi ke Kementerian.

Sesuai arahan Rektor, maka tim kerja sama yang dipimpin oleh WR4 Unsrat pada tahun 2021, melakukan intensitas kegiatan, yang hasilnya telah menunjukkan adanya peningkatan yang pesat di bidang kualitas dan kuantitas kerjasama.

“Hal ini memang sangat perlu di lakukan dalam rangka mendukung keberhasilan program akademik Merdeka Belajar, selain untuk mengejar target capaian Indikator Kinerja Utama,” ungkap Sangkertadi.

“Selama 2021, tercatat sebanyak lebih dari 1615 dokumen, terdiri atas MOU sebanyak 154, MOA sebanyak 394 dan Implementing Arrangement sebanyak 1067 dokumen,” rincinya.

Data kegiatan yang demikian banyak tersebut terekam sistimatis melalui aplikasi yang di kembangkan oleh tim Informasi dari bagian kerjasama dan tim ahli dari UPT Teknologi Informasi. Penghargaan tersebut merupakan hasil dari kerja tim yang terpadu, yaitu WR4, para Deputy bidang 4, Kepala Biro dan para staf bidang 4.(srv)

banner 300x250