Kadis BPPA Provinsi Sulut, Bawa Kabar Baik Bagi IRT di Bitung, Apa itu?

dr Kartika Devi Tanos saat berbincang dengan Sekretaris TP PKK Bitung Ny Ellen Honandar Sondakh dan peserta penjahit di BPTK Bitung. (foto crew sulutreview.com)
IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com- Kedatangan Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak, (BPPA) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr Kartika Devi Tanos MARS di Kota Bitung Kamis (14/10/2021), ternyata membawa kabar baik bagi kalangan Perempuan yang ada di Kota Bitung.

Hal ini terungkap, pada kunjunganya di Kota Bitung. Dalam rangka Sosialisasi kebijakan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender termasuk Perencanaan Penggaran Rensponsif Gender yang dilaksanakan di Aula Kantor Tim Penggerak (TP) PKK Bitung Kamis (14/10/2021).

Kedatangan Kadis BPPA Sulut ini, diterima langsung oleh Sekretaris TP PKK Kota Bitung, Ny Ellen Honandar Sondakh serta Ketua Dharma Wanita Kota Bitung dr Rinny Tinangon dan Kepala Dinas BPPA Merianti Dumbela

Terpantau wartawan, usai sosialisasi di kantor TP PKK Bitung, Kadis BPPA Sulut berpindah tempat, ke Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BPTK) Bitung. Disana, Istri Wakil Gubernur Sulut ini, memantau kelas pekerja Garmen yaitu kelas menjahit.

Terlihat, ada tanya jawab yang disampaikan, para peserta pelatihan dengan dr Kartika serta sesekali memberikan kalimat-kalimat penguatan kepada peserta.

Lantas? apa kabar baik yang disampaikan Kadis BPPA Sulut ini. Di mana pada penyampaianya dr Kartika Devi Tanos MARS mengatakan, bahwa pihaknya memang dalam tanya jawab di dalam kelas menjahit (tadi red).

“Mereka menanyakan, sangat terkendala untuk pembelian mesin jahit. Akan tetapi kami BPPA saat ini, telah menjalin kerjasama segitiga antara dinas tenaga kerja dan transmigrasi Sulut dan Bank Sulut Go,” katanya.

Di mana, para perempuan yang sudah berstatus Ibu Rumah Tangga (IRT) bisa masuk pada program ini. Akan tetapi untuk saat ini masih terbatas.

“Jadi ketika sudah terdaftar memiliki program ini, pihak Bank Sulut akan mengeluarkan buku tabungan, namanya Bohusami Perempuan Hebat. Ini nantinya akan memproses kredit usaha bagi pekerja perempuan yang memang memiliki usaha sendiri,” ujarnya.

Usai berkunjung ke Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BPTK). Sekretaris TP PKK Bitung Ny Ellen Honandar Sondakh, untuk mengunjungi Koperasi TP PKK yang berada di Kantor Wali Kota. Disana dr Kartika sangat mengapresiasi akan inovasi dalam pembentukan UKM Koperasi milik TP PKK Bitung.

Tak hanya berkunjung saja, Istri Wagub ini. Juga membeli beberapa soft drink dan kue Agar-agar gula batu karya TP PKK Bitung sambil berbincang bincang dengan Ny Ellen Sondakh dengan penuh keakraban yang sesekali tertawa lepas sambil berdiskusi.

Tak lama didalam Kios Mini Koperasi TP PKK Bitung, dr Kartika pamit untuk kembali ke Kota Manado.

Sementara itu Kepala BPPA Bitung Merianti Dumbela MAP mengatakan bahwa soal kabar baik tentang kredit usaha bagi Perempuan IRT itu masih ditingkat Propinsi.

“Akan tetapi pasti akan berlaku surut ke daerah-daerah, termasuk Kota Bitung. Saya juga baru dengar saat Kepala BPPA Provinsi dr Kartika Devi Tanos MARS menyampaikan saat berkunjung di BPTK. Tentu hal ini akan kami follow up, terkait teknis yang mengatur pemberian kredit usaha tersebut,” ujarnya.(zet)

banner 300x250