KAKA Slank Dukung Penuh FKG Ketiga di Bitung

IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com– Tokoh musisi dan pegiat peduli lingkungan di Indonesia Akhadi Wira Satriaji atau yang kerap disebut KAKA SLANK, memberikan dukungan penuh akan dilaksanakanya Festival Kuala Girian (FKG) di Kota Bitung Sulawesi Utara (Sulut) ketiga yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 September sampai 02 Oktober tahun 2021.

Hal ini disampikan KAKA SLANK melalui video virtual melalui WhatsAPP kepada pihak panitia penyelenggara pada Selasa (28/09/2021).

Dalam isi videonya Kaka menyampaikan banyak selamat atas pelaksanaan FKG ketiga semoga akan lebih mengangkat kecintaan masyarakat untuk terus memlihara sungai. “Sungai yang bersih ekonomi bangkit,” katanya.

Diketahui FKG-3 yang digagas oleh Komunitas Sungai yang melibatkan para penggiat dan pencinta lingkungan di Kota Bitung, merupakan kali ketiga digelar disetiap tahunnya, yang sebelumnya direncanakan akan digelar pada tahun 2020, namun oleh karena situasi dan kondisi intensitas penyebaran pandemi covid-19 cukup lumayan tinggi, sehingga dilaksanakan di tahun ini.

FKG-3 di tahun 202, masih tetap dilaksanakan divenue yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni; di pinggiran sungai Girian, yang tepatnya diarea taman RM Riverside, Kelurahan Manembo-Nembo, Kecamatan Matuari – Kota Bitung.

Berbagai kegiatan yang bakal dilakukan dalam pelaksanaan FKG-3 seperti; Parade paramotor, sosialisasi perlindungan sungai, pelepasan bibit ikan, bersih sungai, taman sungai dan talk show Pemberdayaan serta ekonomi wisata air.
Selain itu, juga bakal disajikan berbagai perlombaan khas masyarakat lokal antaralain: lomba kupas kelapa, lomba cenge cenge, permainan rakyat, lomba pacu perahu mini,perang bantal,valinggir,bakuku teriak, makan cabe, pameran kue khas Sulut, UMKM kreatif dan tarian budaya.

Ketua Panitia pelaksana FKG-3, Valen Laratmase, kepada awak media, menyampaikan akan teknis dan mekanisme pelaksanaan FKG-3 di tengah pandemi covid-19.

“Kali ini, pelaksanaan FKG di generasi ke-3 sangat jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana dilakukan secara virtual yang akan dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey” ungkapnya disela-sela pelaksanaan konfrensi pers. Senin (28/09).

Menurutnya pelaksanaan kegiatan di venue, akan diterapkan protokol kesehatan ketat, bagi peserta dan undangan yang akan mengikuti kegiatan secara langsung di lokasi pelaksanaan FKG-3” ungkapnya kembali.

Hal senada dikalimatkan oleh, Wolter Pangalila selaku Kepala Sekolah Sungai Kota Bitung, menyampaikan terima kasih, kepada Walikota dan Wakil Walikota Bitung serta seluruh masyarakat serta pihak-pihak yang telah turut membantu dalam pelaksanaan FKG-3 saat ini.

“Harapannya, FKG-3 bakal berjalan dengan baik serta mohon untuk dukungan dari semua pihak untuk dapat berpartisipasi dengan bergabung melalui link kegiatan secara virtual yang akan disiarkan secara live melalui akun Media Sosial Pemkot Bitung” ungkapnya.

Menariknya pada kegiatan ini, akan melibatkan sejumlah Negara di Dunia selain dukungan dari wilayah di Indonesia dan khususnya di Kota Bitung sendiri.

“FKG-3 saat ini melibatkan sejumlah penggiat serta pencinta lingkungan se-dunia untuk melakukan Penanaman Pohon secara serentak. Adapun sejumlah Negara yang sudah konfirmasi akan mengikuti penanaman pohon secara virtual, Amerika, Swiss, Arab dan Belanda,” jelasnya.(zet)

banner 300x250