Pemkot Tomohon Andalkan Koordinasi untuk Turunkan Stunting

Wakil Wali Kota Wenny Lumentut saat mengikuti Rakornas Penurunan Stunting
IMG-20210818-WA0009

Tomohon, Sulutreview.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon Wenny Lumentut, SE mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Percepatan Penurunan Stunting yang digelar di ruang Kominfo Mall Pelayanan Publik Pemerintah Kota Tomohon, Senin (23/08/2021).

Rakornas Percepatan Penurunan Stunting dengan tema “Bergerak Bersama untuk Percepatan Penurunan Stunting” turut dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Bacaan Lainnya

Wapres meminta pemerintah daerah agar memetakan program dan anggaran yang berkaitan dengan penurunan stunting di wilayahnya.

“Pemetaan sangat penting untuk mengetahui program apa saja yang berjalan dan program apa yang cakupannya belum merata. Termasuk program stunting yang terhenti selama masa pandemi Covid-19,” kata wapres.

Wapres juga menegaskan akan pentingnya konvergensi dalam program percepatan penurunan stunting di Indonesia. Ia meminta agar program intervensi dilaksanakan secara optimal, sehingga berkontribusi pada penurunan prevalensi stunting.

Diketahui, Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting ada 5 pilar utama yang penting dalam percepatan penurunan stunting.

Kelima pilar itu adalah komitmen politik dan kepemimpinan nasional dan daerah, kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku, konvergensi program pusat, daerah, dan masyarakat; ketahanan pangan dan gizi; dan monitoring dan evaluasi.

Perpres juga mengamanatkan agar kerangka intervensi dirumuskan dalam rencana mengamanatkan agar kerangka intervensi dirumuskan dalam rencana aksi nasional. “Saya meminta agar rencana aksi nasional tersebut segera disusun dengan mengacu pada 5 pilar utama,” sebutnya.

Wapres meminta rencana aksi nasional mendorong dan menguatkan konvergensi antar program yang selama ini sudah berjalan dan dilaksanakan. Sehingga harus disusun dan disepakati bersama.

Wakil Wali Kota Tomohon, Lumentut menegaskan Pemkot Tomohon akan menindaklanjuti apa yang telah diputuskan dalam Rakornas ini terlebih lagi apa yang menjadi arahan dari Wakil Presiden RI.

“Pemkot Tomohon siap menjalankan dan berkoordinasi untuk menurunkan angka stunting,” tukasnya.

Hadir secara virtual jajaran Pemerintah Kota Tomohon, yaitu Plt Kadis Kesehatan, Kaban Bapelitbangda, Kadis Sosial, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kadis PU, Kadis Dikbud dan Kadis Pengendalian Penduduk dan KB.(srv)

banner 300x250