Dinsos Mitra Bekali 135 Operator Desa Bimtek Aplikasi SIKS-NG

0
284
Suasana pelaksanaan Bimtek yang digelar Dinsos Mitra

Mitra, SULUTREVIEW – Penganggulangan kemiskinan merupakan bagian dari Program dan visi misi, Bupati Mitra James Sumendap bersama Wakil Bupati Jocke Legi. Sehingga pengentasan kemiskinan masi menjadi prioritas Pemkab Minahasa Tenggara.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melalui Dinas Sosial menerapkan aplikasi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation). Hal ini dilakukan agar data kemiskinan bisa terverifikasi dengan baik. Sehingga secara otomatis, penanganan kemiskinan pun bisa dilakukan dengan baik.

Terkait aplikasi tersebut, 135 operator desa se kabupaten Mitra dibekali dalam Bimtek (bimbingan teknis) agar para pendata ini bisa bekerja optimal sehingga data kemiskinan bisa terverifikasi dengan baik.

Adapun untuk mencegah terjadinya kerumunan dikatakan Kepala Dinas Sosial Mitra Franky Wowor S.Sos , pelaksanaan Bimtek dilaksanakan selama 7 hari baru-baru ini, dan diikuti oleh dua kecamatan setiap harinya.

Untuk pemutakhiran basis data terpadu kemiskinan di kabupaten Mitra, lanjut Wowor mengungkapkan telah menggunakan aplikasi SIKS-NG, seluruh operator desa ditingkatkan wawasannya agar mudah melakukan pendataan sistem IT

“Aplikasi ini untuk mensinergikan seluruh perangkat yang ada di kabupaten Mitra mulai dari desa, kecamatan, kelurahan, agar bisa melakukan pengawasan bagaimana bentuk penanganan kemiskinan yang dilakukan Dinsos” ungkap Wowor, Selasa, (20/10/2020).

Dikatakannya, berdasarkan pengalaman selama ini masih ada laporan terkait penyaluran bantuan yang belum tepat sasaran. Contoh orang sudah meninggal masih masuk dalam data penerima bantuan, warga miskin belum masuk data penerima bantuan, dan justru warga yang sudah tidak layak menerima bantuan masih masuk dalam data penerima bantuan program-program pengentasan kemiskinan.

“Keberhasilan penanggulangan kemiskinan sangat ditentukan dengan ketetapan sasaran, maka dari itu kita harus mempunyai data kemiskinan yang valid, yang bisa dipercaya dan dijadikan acuan program penanganan kemiskinan sehingga memudahkan penanggulangan kemiskinan itu sendiri,” harapnya. (*/Jul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here