Dari Kantor Gubernur Sulut, Fatoni Peringati Hari Kesaktian Pancasila

0
65
Agus Fatoni

Manado, Sulutreview.com – Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020, dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, dan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Kamis (1/10/2020).

Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di Ruang Kerja Gubernur Sulut,

Melalui tema “Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila”, upacara diawali dengan menyanyikan Iagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan. Selanjutnya pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, kemudian pembacaan naskah UUD Tahun 1945 oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Setelah itu pembacaan ikrar oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Adapun salah satu isi dari ikrar tersebut yaitu Bangsa Indonesia harus membulatkan tekad dan mempertahankan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Usai pembacaan ikrar, rangkaian upacara diteruskan dengan pembacaan doa oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Melalui unggahan di akun Twitter pribadi, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa bangsa Indonesia sepanjang sejarah berdirinya telah menghadapi berbagai tantangan di mana pandemi Covid-19 kini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi bangsa.

Tantangan-tantangan tersebut dapat kita lewati berkat kekuatan persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu oleh ideologi Pancasila.

“Tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk pernah dihadapi bangsa ini, dari zaman kemerdekaan, masa pembangunan, era globalisasi, sampai pandemi Covid-19 saat ini. Semua tantangan itu kita lewati berkat kekuatan persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila,” tulisnya.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here