Musik Kolintang Bakal Masuk Kurikulum SMP dan SMA

0
62
Kepala Dinas Kebudayaaan Provinsi Sulawesi Utara, Jendri Sualang

Manado, Sulutreview.com – Musik Kolintang merupakan musik traditional masyarakat Sulawesi Utara yang berasal dari suku Minahasa dan sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Musik Kolintang bahkan masuk dalam sederetan budaya dunia United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaaan Provinsi Sulawesi Utara, Jendri Sualang saat ditemui sejumlah wartawan usai menghadiri Rapat Paripurna KUA PPAS DPRD Sulut, Selasa (25/8/2020).

Sualang juga menjelaskan bahwa Musik Angklung sudah terlebih dahulu menjadi warisan budaya dunia. Tahun ini musik Kolintang menjadi salah satu nominator warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Lebih lanjut Sualang mengatakan bahwa musik Kolintang ini akan menjadi bidikan dari Dinas Pendidikan untuk bisa masuk ke dalam kurikulum pendidikan.

“Menurut aspirasi dari sejumlah profesi termasuk pemerhati sosial bahkan para pelatih kolintang, mereka mengusulkan agar musik kolintang masuk dalam kurikulum pendidikan sekolah SMP dan SMA.” tutup Sualang.(lina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here