Relawan Pemakaman Jenazah Covid-19 di Minut Terbentuk

0
67

Airmadidi, SULUTREVIEW

Upaya memaksimalkan penanganan Covid-19 dilakukan Bupati Minahasa Utara (Minut), Dr (HC) Vonnie Aneke Panambunan STh (VAP).

Hal itu diresponi dengan memerintahkan para camat membentuk Tim Relawan Pemkab Minut, yakni Tim Relawan Korban Meninggal akibat Covid-19.

Plh Sekda Minut Drs Allan Mingkid mengatakan dalam Rapat Paripurna LKPJ Bupati tahun anggaran 2019, bahwa tim yang dibentuk akan bertindak cepat ketika ada warga Minut yang meninggal akibat virus Covid-19.

”Tim relawan akan bertugas memakamkan jenazah dengan menerapkan Standart Operasional Prosedure (SOP) penanganan jenazah Covid-19 dari Dinas Kesehatan,” tukasnya.

Menurut Mingkid, Bupati VAP saat rapat koordinasi dengan para camat telah memerintahkan untuk membentuk tim di tiap desa dan kelurahan.

“Dalam tim, camat bertindak sebagai Ketua Gugus dan Kepala Puskesmas sebagai Sekretaris,” ujarnya sambil menambahkan ketika ada kejadian, petugas dari Dinas Kesehatan akan membawa Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, memasangkan, sekaligus menyampaikan procedure penguburan sesuai SOP,” terang Mingkid.

Setiap desa dan kelurahan, juga akan dibentuk tim ini agar jika ada kejadian setiap desa sudah siap menangani korban Covid 19 secara benar.

“Diinstruksikan juga setiap desa dan kelurahan tidak boleh menolak jenasah korban covid 19 karena penanganan yang diberlakukan sudah sesuai dengan prosedur standart yang diberlakukangugus tugas,” tandas Mingkid.

Camat Kalawat, Alexander Warbung SIP, mengatakan untuk kecamatan Kalawat tim relawan telah dibentuk di 12 desa.

“Setiap tim berjumlah 5 orang, mereka diambil dari warga desa setempat dan sudah ada SK Camat-nya. Mereka menyatakan siap untuk menjadi tim relawan penanganan jenasah akibat covid 19 ini,” kata Warbung menambahkan.(srv)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here