Gelar Parade Pangan Lokal, Bukti Tanah Minut Diberkati Tuhan

0
132

Airmadidi, SULUTREVIEW

Belasan kendaraan tampil meriah dalam gelaran Parade Pangan Lokal.

Giat yang diprakarsai Dinas Pangan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) itu dilangsungkan Jumat (21/02/20).

Kegiatan yang disambut antusias warga Minut itu diikuti 11 kendaraan jenis pick-up yang dihiasi beragam komoditas lokal, hasil panen masyarakat berupa buah-buahan, sayuran maupun penganan khas daerah Minahasa Utara.

Arak-arakan kendaraan hias itu, melintas di sepanjang ruas jalan SBY, atau kurang lebih sepanjang 8 kilometer dan finish di lapangan depan RS Walanda Maramis.

Kegiatan unik yang menyita perhatian masyarakat itu, merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Pemkab Minut.

Bupati Minahasa Utara (Minut), Vonnie Anneke Panambunan (VAP), Sekretaris Daerah Ir Jimmy Kuhu, Forkopimda dan sejumlah anggota DPRD Minut, para pejabat dan ASN di lingkup pemkab Minut, serta masyarakat turut hadir pada kegiatan tersebut.

Diungkapkan Bupati VAP, pameran pangan lokal yang dilaksanakan untuk kedua kalinya bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat agar lebih mencintai pertanian. Bahkan dapat mengembangkan pangan lokal.

“Pangan lokal merupakan kekuatan ekonomi masyarakat. Sehingga  sangat perlu untuk dipromosikan. Namun lebih dari itu, kegiatan seperti ini menjadi bukti bahwa tanah Minahasa Utara sangat diberkati Tuhan,” tandasnya.

Bupati VAP, menambahkan ibarat melemparkan bibit tanaman, di tanah yanh subur pasti akan tumbuh.

“Inilah berkat yang Tuhan berikan bagi Minahasa Utara,” ujar VAP yang turut didampingi Kepala Dinas Pangan Kabupaten Minut, Ir Johana N. Manua.

Berkaitan dengan pengolahan pangan lokal, selain untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, juga bisa meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat.

“Pangan lokal merupakan sumber pendapatan. Inilah yang harus kita ketahui bahwa daerah Minahasa Utara benar-benar diberkati Tuhan,” ungkap Bupati VAP.

VAP menyebutkan, gelaran Parade Pangan Lokal bakal menjadi agenda tahunan.

“Karena itu, saya sangat berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberikan tanah yang subur untuk Minut,” tambah Bupati VAP.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Ir Johana N. Manua menjelaskan parade pangan lokal diharapkan dapat dikenal secara luas.

Bahkan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat agar lebih bersemangat dalam mengolah dan meningkatkan hasil pertanian.

“Parade pangan lokal sangat diharapkan akan menjadi andalan daerah untuk dipamerkan, bahkan dapat menjadi daya tarik wisatawan. Apalagi wilayah Likupang sudah ditetapkan menjadi kawasan KEK Pariwisata,” sebutnya.

Dia juga mengatakan pada tahun ke depan, kegiatan akan lebih dioptimalkan sehingga lebih semarak. Untuk itu, ada rencana untuk melibatkan kabupaten/kota lainnya.(srv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here