web analytics

Tingkatkan Ekonomi Desa, Dinsos PMD Latih Pengolah Bumdes

Tingkatkan Ekonomi Desa, Dinsos PMD Latih Pengolah Bumdes

Airmadidi, SULUTREVIEW

Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Utara (Minut) membekali pengolah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di sejumlah desa lewat pelatihan usaha ekonomi masyarakat, di Pendopo Kantor Bupati Minut.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) Boby Najoan menjelaskan, tujuan pelatihan ini agar peserta dapat menggali sumber pendapatan desa.

“Sesuai dengan Undang undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa,  memberikan ruang kepada Desa untuk bangun desa sesuai potensi yang dimiliki dengan mengedepankan partisipatif masyarakat,” kata Najoan.

Lanjut Najoan, Pemerintah Desa juga harus melakukan pemberdayaan masyarakat  dengan pembinaan bagi Usaha Ekonomi Masyarakat  berskala kecil dan menengah.

“Desa dapat mensinergikan pelaku UMKM dengan BUMDes untuk  memasarkan produk UMKM agar dapat menjalankan suatu unit usaha,”lanjutnya.

Pemerintah daerah mendorong masyarakat untuk mampu menggali potensi sektor UMKM.

”Saya berharap melalui  Pelatihan Usaha Ekonomi Masyarakat  dapat meningkatkan perekonomian Desa, meningkatkan  pendapatan asli desa dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pedesaan,” ujarnya Najoan.(rey)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply