web analytics

NPHD Pilkada Minut Tembus Rp55 Miliar

NPHD Pilkada Minut Tembus Rp55 Miliar
Penandatanganan NHPD oleh Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Airmadidi, SULUTREVIEW

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menganggarkan Rp 55 Miliar untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Minut 2020.

Anggaran tersebut dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemkab Minut yang ditandatangani Bupati Vonnie Anneke Panambunan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut, dengan rincian Rp 15 Miliar untuk Bawaslu dan Rp 40 Miliar dihibahkan kepada KPU.

Sesuai Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 54 tentang Mekanisme Pendanaan Kegiatan Pilkada yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), pencairan anggaran pertama dilakukan sebanyak 40 persen, termin kedua 50 persen dan pencairan 10 persen dari total alokasi dana.

Penandatanganan NHPD bersama Komisioner Bawas|u Kabupaten Minut.

“Sesuai kondisi keuangan daerah, kami (Pemkab Minut) akan merealisasikan Rp 600 juta untuk Bawaslu, dan Rp 1,5 Miliar pada APBD Perubahan 2019, kemudian digenapkan 40 persen per 1 Januari 2019,” terang Petrus Macarau, Kepala Badan Keuangan Minut, Rabu (02/10/2019).

NPHD Minut ditetapkan setelah melalui kajian dan pertimbangan seperti luas wilayah kabupaten, jumlah penduduk dan letak geografis daerah ini yang merupakan daerah kepulauan.

“Penetapan NPHD ini sudah melalui kajian, bahwa Minut ini luas, apalagi merupakan daerah kepulauan,” kata Macarau.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Minut juga menyatakan akan mengawal anggaran tersebut agar tetap guna.

“Menjadi tugas Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan anggaran termasuk NPHD, agar tidak terjadi keterlambatan seperti pada Pilkada lima tahun lalu, dimana  pelaporan SPJ bahkan ada beberapa item yang tidak bisa dipertanggungjawabkan  sehingga masuk ke rana hukum,” tutur Mayuntu.(rey)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply