web analytics

PPM Mahasiswa Polimdo, Bekali Warga Minsel Pola Hidup Sehat

PPM Mahasiswa Polimdo, Bekali Warga Minsel Pola Hidup Sehat

TARERAN, SULUTREVIEW

Terpanggil untuk menjangkau dan mengedukasi masyarakat tentang arti penting pola hidup sehat, mahasiswa Politeknik Negeri Manado (Polimdo), turun langsung ke masyarakat.

Melalui program Pengabdian Pada Masyarakat  (PPM), mahasiswa Polimdo menyasar masyarakat yang ada di Desa Lansot Timur Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) pada Kamis (4/9/2019).

Menurut dosen Program Studi Usaha Perjalanan Wisata yang juga Kepala UPT Perpustakaan Polimdo, Ir Telly HI Kondoj MSi, yang turut mendampingi PPM mahasiswa mengatakan, masyarakat diberikan materi tentang pembekalan wirausaha bagi UMKM makanan tradisional.

Hal ini dilakukan karena masyarakat desa sekarang ini, telah terjadi pergeseran pola hidup. Yakni punya kecendrungan kuat mengonsumsi makanan yang berdaging dengan sayuran yang mahal.

“Hari-hari ini, masyarakat lebih cenderung mengonsumsi makanan yang diolah oleh katering. Hal ini tidak masalah, karena disesuaikan dengan finansial. Namun sangat disarankan dalam penyajian,  makanan tradisional diglobalkan dalam satu pemahaman yang disajikan sebagai suatu menu yang standar dengan berbagai teknik penyajian,” kata Kondoj.

Bahkan yang perlu diketahui, lanjut Kondoj adalah bagaimana membudayakan kembali makanan tradisional yang sehat dan belum terkontaminasi banyak dengan soda dan kimia

“Secara geografi, ruang dan tempat banyak yang kurang diperhatikan masyarakat. Demikian juga dengan
mulai turunnya etos kerja. Di mana
lahan ada tapi tidak dikelola maksimal. Asumsi ini dilihat dari kehidupan sehari- hari dari waktu kerja dikurangi,” sebutnya.

Bukan hanya itu, jiwa entrepreneur masyarakat masih kurang untuk bidang masakan kuliner

“Disarankan agar pemanfaatan maksimal lahan kebun. Mengolah hasil untuk dijual dan atau pun dibuatkan menu seperti, apetiser, main course dan dessert,” ujarnya.

Dosen Polimdo, Program Studi Usaha Perjalanan Wisata yang juga Kepala UPT Perpustakaan Polimdo, Ir Telly HI Kondoj MS.

Polimdo, lewat Pusat Penelitian dan PPM mendorong terus untuk membantu masyarakat supaya mendapat wawasan, informasi dan kemampuan dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

“Dan lewat Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Jurusan Pariwisata, para dosen berupaya melayani masyarakat melalui pengabdiannya dengan kemampuan dan kompetensinya,” tukasnya.

Diketahui, tim PPM Polimdo disuport  pengabdian oleh tim, yakni  Jeanlly A Solang SPi MSi,  Linda Sinolungan SPd MM dan Hukum Tua Desa Lansot Timur Kecamatan Tareran, Fibry SE.(srv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply