web analytics

Badan Keuangan Minut Tingkatkan Kapasitas dan Profesionalisme Pengelolaan Keuangan

Badan Keuangan Minut Tingkatkan Kapasitas dan Profesionalisme Pengelolaan Keuangan

Airmadidi, SULUTREVIEW

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, melalui Badan Keuangan Daerah Minahasa Utara (Minut) melaksanakan pembinaan pengelolaan keuangan, pajak dan barang milik daerah  di Mercure Hotel  Manado, pada tanggal 5-6 Juli 2019.

Kepala Badan Keuangan Minut,  Petrus Macarau menjelaskan tujuan pembinaan ini untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme pengelola keuangan daerah sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan serta menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang efisien, transparan dan akuntabel.

”Keberhasilan dari suatu pembangunan di daerah tidak terlepas dari aspek pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan pajak dan barang milik daerah yang dikelola dengan manajemen yang baik. Pengelolaan keuangan daerah adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan daerah,” terangnya saat membuka In House Training didampingi Sekretaris Badan Keuangan Jimmy Wenas.

Lanjutnya, sejak awal era reformasi hingga saat ini, pengelolaan keuangan daerah sudah mengalami berbagai perubahan regulasi yang bertujuan untuk menciptakan good governance dan clean government. Pemerintah daerah dituntut untuk memahami pengelolaan keuangan daerah yang tertib, transparan dan akuntabel agar terbentuk persamaan persepsi tentang pengelolaan keuangan, pajak dan barang milik daerah yang benar yakni sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sampai saat ini berdasarkan data, target pajak masih tergolong kecil sehingga perlu terus digali,” ungkap Macarau.

Peserta IHT turut mendapat pembekalan materi daru Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulut.(Ray)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply