web analytics

Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2019, Bahas Perencanaan Pembangunan

Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2019, Bahas Perencanaan Pembangunan

Manado, SULUTREVIEW

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Drs Steven OE Kandouw mengajak jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menyimak pembahasan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

“Saya meminta agar acara yang begitu penting ini diikuti dengan baik sampai tuntas. Karena Kegiatan Musrenbang ini berkaitan dengan tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi, bahkan pengembangan pembangunan daerah jangka panjang, menengah serta tata cara perubahan rencana pembangunan,” katanya dalam Kegiatan Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2019 dan Pembukaan Musrenbang RKPD 2020 Provinsi Sulawesi Utara, Senin (31/3/2019).

Menurut Kandouw, tidak ada daerah yang bisa berdiri sendiri baik kabupaten/kota maupun provinsi. Karena harus saling suplementer dan komplementer. “Ada timbal balik dengan sebab akibat dari pembangunan daerah dalam menetapkan pendekatan kepada Kementerian,” ujarnya.

Wakil Gubernur juga mengajak bersama-sama mencermati masalah perdagangan dengan menciptakan cluster-cluster di pulau Sulawesi. Dengan demikian industri barang-barang dan produk-produk dari Sulawesi saja yang di gunakan tidak ambil dari pulau yang lain,” tandasnya.

Begitupula dengan masalah energi, yang surplus 60 KW. “Tetapi kita masih mengontrak kapal dari Turki selama 32 tahun lagi,” ujarnya.

Terkait masalah perikanan, Kandouw mengatakan belum ada izin usaha perikanan yang dikeluarkan Menteri Perikanan. “Sehingga saat ini kami gubernur dan wakil gubernur sedang mencari solusinya dengan bekerja sama agar rakyat betul-betul merasakan bagaimana manfaat pemerintah yang ada di Sulawesi,” sebutnya.

Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey MSi pada kesempatan ini menerima penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik ke III Tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Turut hadir, Wakil Ketua MPR RI, EE Mangindaan mewakili Menteri Dalam Negeri, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Dalam Negeri,  RI Drs Teguh Setyabudi, para gubernur se Sulawesi, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sulaiman, Wakil Gubernur Sulawesi Barat Hajah Erni Anggraini Anwar, Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim dan Forkopimda Sulawesi Utara bupati/walikota se Sulawesi Utara, Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi.(engel)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply