web analytics

Peduli Kebersihan Minahasa, Sumonder California USA Donasi Tempat Sampah

Peduli Kebersihan Minahasa, Sumonder California USA Donasi Tempat Sampah

Sonder, SULUTREVIEW

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Sumonder California USA mendonasikan sebanyak 30 tempat sampah kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, Agustivo Tumundo SE MSi, di sela-sela kegiatan sosialisasi Bahaya Sampah dan Limbah Plastik di aula Taman Eman Sonder, Jumat (8/3/2019).

Tumundo memberikan apresiasi atas bantuan dari Sumonder, bekerja sama dengan Fareck Community untuk melakukan aksi bersama menanggulangi sampah dan limbah plastik, melalui sumbangan 30 buah tempat sampah untuk Desa Sendangan Kecamatan Sonder.

“Sektor pariwisata dan kebersihan lingkungan sangat berkaitan. Sebab  citra suatu objek wisata itu akan menentukan tingkat kunjungan wisatawan,” ujarnya sambil menambahkan ada tiga hal penting dalam pengembangan pariwisata, yaitu accsesibility, amminities dan atraction.

“Apabila akses ke lokasi wisata terkesan kotor, maka akan mengganggu kenyamanan para turis. Demikian juga jika lokasi objek wisata kebersihan lingkungannya tidak terjaga, maka akan mempengaruhi kunjungan wisatawan, kata Tumundo.

Ketua Fareck Community, Donny Manayang yang juga hadir dalam kegiatan, mengatakan untuk menanggulangi sampah itu dibutuhkan sinergitas dari seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah.

“Kami berharap masyarakat ikut mendukung penanggulangan bahaya sampah plastik di sungai dan tempat-tempat lain. Kami berterima kasih kepada Ketua Sumonder California Hen Mendur yang sudah membantu pengadaan tempat sampah. Ke depan kami akan mengupayakan hal serupa di seluruh desa se-Kecamatan Sonder,” kata Manayang.

Turut hadir, Camat Sonder Rouldy Mewoh, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Fidel Mailangkay dan Kabid Lingkungan Hidup Feibie Karisoh yang turut memaparkan materi, Kabid Kebudayaan Disbudpar Melisa Rondonuwu, Kabid Pemasaran dan Promosi Disbudpar Pfifner Parengkuan, Hukum Tua Desa Sendangan Edi Rampi, Owner Taman Eman Sonder Ruddy Eman dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.(engel)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply