web analytics

Ketua HNSI Talaud Ingatkan Nelayan Waspada Cuaca Extrim

Ketua HNSI Talaud Ingatkan Nelayan Waspada Cuaca Extrim
Tokoh muda asal Desa Rainis Yan Bawiling

Melonguane, SULUTREVIEW

Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Talaud Yan Bawiling mengimbau Nelayan tetap waspada terkait gelombang disertai angin kencang yang terjadi di Talaud.

Pada awal Januari 2019, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi (BMKG) Kelas II Maritim Bitung merilis peringatan dini gelombang tinggi.

Berdasarkan data dari BMKG, khusus untuk wilayah perairan Kepulauan Talaud berpotensi terjadi gelombang tinggi yaitu 2,5 – 4,0 meter (rough).

Untuk itu, Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Talaud Yan Bawiling mengimbau para nelayan agar tetap waspada ketika mencari ikan di laut.

“Kalau perlu ditunda dulu aktivitas penangkapan ikan di perairan Kabupaten Kepulauan Talaud,” Tutur Bawaling, Selasa (15/1/2019).

Bawiling mengungkapkan hasil pantauan nya dan beberapa nelayan, gelombang yang terjadi di Kabupaten Talaud memang cukup tinggi dan termasuk kategori tidak aman untuk para nelayan.

Salah satu nelayan Marlon Dareda mengatakan bahwa cuaca seperti ini memang sering terjadi setiap tahun.

“Angin yang meniup ini adalah angin utara yang biasa kami sebut sawanatta dalam dialeg Talaud dan timur laut yang sering kami sebut lawasiit,” Ujar Dareda.

“kami disini tidak bisa melaut karena memang musim ini sudah biasa tiap tahun sampai dengan bulan februari,” Jelasnya.

Menurut Dareda saat ini sebagian besar nelayan tidak melakukan aktivitas di laut namun beralih ke darat dengan melakukan aktivitas sampingan yaitu bertani.(Fanly)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply