web analytics

Sekolah se-Kabupaten Minut Gelar Aksi Cegah DBD

Sekolah se-Kabupaten Minut Gelar Aksi Cegah DBD

Airmadidi, SULUTREVIEW

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut)  di bawah kepemimpinan Bupati Vonnie Aneke Panambunan dan Wakil Bupati Ir. Joppi Lengkong memberi perhatian serius terhadap tingginya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di bumi Klabat.

Hari ini, Senin (14/1/2019) seluruh sekolah di Kabupaten Minahasa Utara secara serentak melakukan aksi  bersih-bersih lingkungan sekolah guna mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes Agepty penyebab penyakit DBD. Hal tersebut mendesak dilaksanakan mengingat penderita DBD didominasi anak usia sekolah.

Aktivitas siswa dan guru SD Inpres 1 Airmadidi membersihkan lingkungan sekolah.

Selain itu Bupati memberi instruksi kepada Dinas Kesehatan, seluruh Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Camat untuk mensosialisasikan langkah pencegahan seperti 3M Plus serta Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

3M Plus yakni Menguras (membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain), menutup (menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya, Memanfaatkan kembali (mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah).

Sementara plus yang dimaksud adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Langkah pencegahan DBD.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Minut menyebutkan, jumlah kasus DBD di wilayah Minut tahun 2018 mencapai angka 330 penderita dan 24 kasus terjadi sejak awal Januari hingga tanggal 14 Januari 2019.(Ray)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply