Civitas FH Unsrat Apresiasi Kunjungan Gubernur Lemhannas

0
362

MANADO, SULUTREVIEW

Kunjungan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo diapresiasi civitas akademika Fakultas Hukum (FH) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat).

Kunjungan yang merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis FH Unsrat ke-60 ini, merupakan momen spesial. Pasalnya, bersamaan dengan pengukuhan pengurus Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2018-2023 yang diketuai Dekan Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Dr Pricilla Flora Kalalo SH MH.

Pada sambutannya, Kalalo mengatakan bahw kunjungan Gubernur Lemhanas merupakan suatu kehormatan. Bahkan kebanggaan bagi FH Unsrat.

“Mendapat kunjungan Gubernur  Lemhanas ini sebagai momentum yang tepat pada Dies Natalis Fakultas Hukum Unsrat yang ke 60,” katanya Senin (27/8/2018).

Kegiatan yang diwarnai FGD dan dialog Wawasan Kebangsaan dengan narasumber utama Gubernur Lemhannas, sambung Kalalo, pastinya sangat bermanfaat bagi Civitas Akademika FH Unsrat.  Mengingat ada mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan di Fakultas Hukum Unsrat.

“Pada kesempatan ini semua dosen pengajar Mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan dan perwakilan mahasiswa ikut hadir dalam FGD dan Dialog Wawasan Kebangsaan. Sehingga ini menjadi kesempatan untuk mendapatkan materi bahasan yang berkualitas,” ujarnya sembari berharap Gubernur Lemhanas dapat
memberikan panduan serta pola yang tepat untuk mata kuliah Wawasan Kebangsaan.

“Dalam beberapa dialog yang sudah kami lakukan bersama alumni, ada satu permintaan kami dari kelompok akademisi, yakni adanya panduan mata kuliah Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang dapat direalisasikan di 11 fakultas. Termasuk Fakultas Hukum Unsrat yang jumlah mahasiswanya ada 725 orang. Sementara rata-rata di
setiap fakultas ada 200 mahasiswa, jadi jumlahnya bisa mencapai ribuan di Unsrat,” jelas Kalalo.

“Akan sangat bagus sekali jika mahasiswa diberikan mata kuliah Wawasan Kebangsaan selama satu semester. Karena mahasiswa punya bahan ajar yang dikeluarkan Lemhanas,” tukasnya.

Di usia Fakultas Hukum yang ke 60 ini, ungkap Kalalo, Panitia Dies Natalis Fakultas Hukum ingin memberikan yang terbaik dengan berbagai kegiatan akademik maupun seni dan olahraga.

“Dalam rangkaian Dies Natalis Fakultas Hukun ke 60 berbagai kegiatan seminar telah digelar dan sukses menghadirkan Ketua Komisi Yudisial, Ketua KPK, Ketua LPSK dan Ketua Badan Atbitrase Pasar Modal dan Gubernur Lemhanas,” tegasnya.

Gubernur Lemhanas, dalam kunjungan ke FH Unsrat, disambut antusias civitas akademika. Hal itu terlihat dari kualitas dialog dua arah. Di mana Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjawab setiap pertanyaan dengan lugas.

Dan khusus menjawab usulan Dekan FH Unsrat, Gubernur Lemhanas mengatakan sedang mencari formula baru untuk kembali menghidupkan bentuk pendidikan yang masa lalu sudah efektif, tetapi dengan situasi politik yang ada serta kultural kemasyarakatan yang berbeda dianggap tidak efektif lagi.

“Kita sedang mencari bentuk baru, karena tantangannya saat ini lebih banyak. Kita sedang mencari formula baru yang efektif yang dapat menjawab kebutuhan generasi saat ini,” ucapnya.(hilda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here