Pangdam XIII/Merdeka Serukan Semangat Berkorban di Idul Adha 1445 H

Kodam XIII/Merdeka menggelar pemotongan hewan kurban. Foto : ist

Manado, Sulutreview.com – Kodam XIII/Merdeka menggelar Sholat Idul Adha 1445 H/2024 sekaligus pemotongan hewan kurban, bertempat di Lapangan Makodam XIII/Merdeka, Jl. 14 Februari, Teling Atas, Kota Manado, Sulawesi Utara. Senin (17/6/2024).

Bertindak selaku Imam sekaligus Penceramah dalam sholat Idul Adha Kodam XIII/Merdeka kali ini yakni, Dr H. Hamka Dondo, S. Pd., M. Pdi., dari Kementerian Agama Prov. Sulut, dengan judul ceramah tentang Hakekat Kurban Membunuh Sifat-sifat Hewaniyah dalam Diri Seorang Muslim.

Sejak tenggelamnya matahari di ufuk barat tanggal 9 Dzulhijjah kemarin, gema takbir, tahlil tahmid dan tasbih telah berkumandang di sentaro jagad raya. “Pada hari ini Allah SWT ingin melihat bahwa semua manusia sama di hadapan-Nya di mana kembali kepada fitrahnya yang suci,” ucapnya.

Manusia memiliki derajat yang sama, tidak ada diskriminatif, tidak ada perbedaan antara satu dengan lainnya.

Berkurban mengandung pelajaran bahwa untuk memperoleh keridhaan Allah SWT, perlu pengorbanan sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim as untuk mengorbankan anaknya Nabi Ismail as untuk disembelih atas perintah Allah SWT.

Kesimpulannya bahwa manusia sejatinya adalah makhluk yang sama di hadapan Allah SWT dan yang menjadi pembeda yakni amal kebaikan pada setiap manusia tersebut, Termasuk kita harus memiliki ke ikhlasan dalam beribadah kepada Allah SWT.

Pada kegiatan pemotongan hewan kurban Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya didampingi Kasdam XIII/Merdeka menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada takmir masjid Nurul Birri Kodam XIII/Merdeka.

Pangdam berharap kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka agar momentum Idul Kurban ini dapat diaktualisasikan dalam pelaksanaan tugas sehari hari melalui semangat rela berkorban demi satuan, rakyat, bangsa dan negara.

Pada hari raya Idul Adha Kali ini Kodam akan berqurban diantaranya 8 ekor Sapi dan 1 ekor kambing.(AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.