Dies Natalis ke-64 Faperta Unsrat, Rektor Ingatkan Pentingnya Daya Saing

Dies Natalis Faperta Unsrat penuh kebersamaan. Foto : ist

Manado, Sulutreview.com – Perguruan tinggi memiliki peran penting dalam menjaga kemakmuran dan pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu dibutuhkan daya saing agar unggul dan mampu menjadi yang terdepan dalam setiap kesempatan.

Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Prof. Dr. Ir. 1111Oktovian Berty Alexander Sompie M.Eng. IPU. ASEAN Eng mendorong Fakultas Pertanian (Faperta) Unsrat untuk terus menunjukkan komitmennya dengan membangun kolaborasi dan meningkatkan daya saing baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Ini dapat dicapai melalui publikasi riset dan pelaksanaan seminar internasional yang berkontribusi pada jumlah artikel terindeks scopus,” ucapnya saat menghadiri Dies Natalis Faperta Unsrat, pada Jumat (14/06/2024).

Rektor berharap, ke depannya banyak lagi prestasi yang telah dicapai dan semakin banyak kontribusi Fakultas Pertanian semakin maju dan berkelanjutan. “Fakultas Pertanian dan Unsrat pada umumnya akan maju bersama, semakin unggul, berbudaya menuju world class university,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Ir. Weldie Ruddy Poli dalam mengatakan pelaksanaan Dies Natalis ini, merupakan komitmen dan prestasi serta semangat berkarya dalam membangun SDM yang handal, profesional menjadi pilar pembangunan di daerah ini.

“Gubernur berharap momentum ini dapat di manfaatkan tidak saja sebagai momentum untuk memperkuat tekad dan komitmen dalam menjadikan Fakultas Pertanian yang mampu melahirkan lulusan profesional, unggul dan berkarakter,” tukasnya.

Dekan Fakultas Pertanian Ir Dedie Tooy, MS, Phd mengatakan Faperta Unsrat tetap fokus pada visi unggul, inovatif dan sarat makna.

“Tidak ada kata menyerah dalam membangun bangsa,” ungkapnya.

Dia juga menginformasikan bahwa saat ini jumlah mahasiswa di Faperta ada ribuan orang dengan dosen yang mencapai ratusan orang. “Itu menandakan bahwa Faperta Unsrat semakin unggul dan berkelas internasional. Terbukti, sudah banyak mahasiswa yang dalam bimbingan dosen olos program penelitian,” tukasnya.

Tercatat, di tahun 2023 terdapat 61 judul penelitian yang terdiri dari delapan judul riset dan 53 judul riset terapan unggulan.

Dies Natalis Faperta Unsrat dibarengi dengan oorasi ilmiah yang disampaikan Dirut Perum Bulog Indonesia, Bayu Krisnamurti dengan judul ‘’Stabilitas Beras : Aplikasi Ilmu Sistem dan Usaha Agribisnis Pangan di Indonesia’’.(hilda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.