BREAKING NEWS: di Era Maurits-Hengky KMP Tude Resmi Miliki 3 Sertifikat dan Segera Beroperasi

Direktur PD Bangun Bitung Dr Athos Lumombo (kedua kiri) saat menerima 3 Sertifikat dari surveyor BKI Bitung

Bitung, Sulutreview.com– Penantian panjang soal kapan Kapal KMP Tude, akan beroperasi kembali setelah hampir sebulan lebih terparkir karena dilanda belum memiliki beberapa ijin. Akhirnya dalam beberapa jam kedepan ini, akan segera beroperasi kembali.

Hal ini ditandai, dengan adanya kedatangan Surveyor BKI (Biro Klasifikasi Indonesia) Kota Bitung Bapak Steffy Herman diatas Kapal KMP Tude yang sementara parkir di dalam Pelabuhan POS 1 pada Selasa (20/09/2022).

Terpantau wartawan, saat Surveyor BKI tiba. Langsung dijemput oleh Direktur PD (Perusahaan Daerah) Bangun Bitung Athos Lumombo ST.h MTH dan jajaranya.

Saat berbincang-bincang Bapak Steffy Herman langsung menyerahkan 3 sertifikat yaitu pertama sertifikat Pencemaran kedua Sertifikat Keselamatan dan Ketiga Sertifikat Klasifikasi Sementara nomor kontrak 2102160007 BKI dan dengan demikian KMP Tude ini sudah masuk kelas yang sudah teregistrasi.

Selain itu kata Steffy bahwa dengan diberikanya 3 sertifikat ini, pihaknya akan terus melakukan monitoring keberadaan kapal KMP Tude ini seperti kelengkapan kapal, alat-alat keselamatan serta pemuatanya.

Ditanya apakah memang sejak Kapal KMP Tude beroperasi belum ada ijin? dan apakah baru kali ini KMP Tude resmi memiliki ijin lengkap. Steffy menjawab bahwa benar sejak kapal ini beroperasi baru kali ini memiliki ijin lengkap.

“Makanya beberapa bulan ini, memang kapal KMP Tude ini belum bisa beroperasi, hal ini dikarenakan masih menunggu akan 3 sertifikat yang sementara berproses dan saat ini resmi selesai,” katanya sembari mengatakan, tidak ada niat BKI untuk menghambat proses pengurusan sertifikat tersebut.

Sementara itu Direktur PD Bangun Bitung Dr Athos Markus Lumombo MT.h mengatakan banyak-banyak terimah kasih yang pertama kepada Tuhan serta kepada seluruh tim PD Bangun Bitung lewat binaan Bapak Wali Kota Maurits Mantiri dan Hengky Honandar SE.

“Sebab sejak tahun 2004 Kapal KMP Tude ini beroperasi baru kali ini di kepemimpinan Wali Kota Ir Maurits Mantiri dan Hengky Honandar bisa resmi memiliki ijin-ijin yang lengkap yaitu 3 sertifikat yaitu Keselamatan, Pencemaran dan Sertifikat teregistrasi masuk class di BKI,” ujar Athos sambil terlihat raut muka yang sangat bersyukur.

Athos menambahkan dengan resminya diterima 3 sertifkat ini. Maka pihak PD Bangun Bitung akan menyurat ke Dirjend Perhubungan Darat RI untuk permohonan surat beroperasi secara online.

Ditanya kapan KMP Tude akan beroperasi? Athos menambahkan jika tidak ada aral melintang besok Rabu 21 September akan segera beroperasi dengan tujuan Bitung-Lembeh sebanyak 8 trip.(zet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.