Syukuran 1 Tahun, Maurits-Hengky Berkomitment Lanjutkan Menyelesaikan Persoalan Rakyat

Bitung, Sulutreview.com– Jumat 1 April pihak Pemerintah Kota Bitung melaksanakan ibadah syukuran secara sederhana di Balai Pertemuan Umum Dr S.H Sarundajang. Dimana pada syukuran tersebut para undangan yang hadir larut dalam masa pelantikan awal kepada Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar oleh Bapak Gubernur Olly Dondokambey SE di Kantor Gubernur pada 31 Maret 2021 silam.

Ibadah syukuran ini, diawali Ibadah yang dipimpin oleh Ketua Sinode Pdt Dr Hein Arina. Acara tersebut juga dihadiri oleh jajaran Forum Kerjasama Antar Umat Beragama (FKUB) serta jajaran Forkompimda.

Usai ibadah, dilanjutkan dengan sambutan singkat yang dibawakan oleh Walikota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar didampingi istri tercinta dari Wali Kota yaitu Ny Ir Rita Tangkudung dan Istri Hengky Honandar Ny Ellen Sondakh SE.

Maurits mengatakan bahwa selama setahun kepemimpinan Mantiri-Hengky, mampu mengatasi setiap permasalahan yang ada di tengah masyarakat, serta yakin dan optimis untuk membangun Kota Bitung tercinta. Dan ini di buktikan dengan  berbagai capaian keberhasilan pembangunan di kota Bitung. Hal ini merupakan filosofi dari MM-HH yang dikenal dengan tagline buat mereka tersenyum.

Seperti di ketahui hal mendasar dari tekad MM-HH adalah “SEPAKAT’ dimana awalnya Akrononim ini adalah Setia Pada Rakyat (SEPAKAT). Namun direntang perjalanan waktu akronim SEPAKAT lebih dikongkritkan dalam bentuk tindakan nyata sehingga akronim SEPAKAT berubah menjadi Selesaikan Permasalahan Rakyat (SEPAKAT). SEPAKAT ini kemudian dijabarkan kedalam berbagai Program Strategis Unggulan Daerah Selesaikan Permasalahan Rakyat yang di atur melalui Peraturan Walikota Bitung nomor 8 tahun 2022.

Keberhasilan dan Kesuksesan perjalan satu tahun kepemimpinan Ir. Maurits Mantiri, MM sebagai Walikota Bitung dan Hengky Honandar, SE sebagai Wakil Walikota Bitung dalam mewujudkan Bitung sebagai Kota Digital, tak lepas dari beberapa hal diantaranya, secara Konsisten selalu terjaga kekompakan, solid dan keharmonisan antara Walikota dan Wakil.

Walikota dalam memimpin dan melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya, disertai dukungan aparat yang kompak dan solid mewujudkan target kerja MM-HH.

Maurits-Hengky mampu mewujudkan clean government dalam tata kelola pemerintahan di Kota Bitung, mampu mempertahankan hidup yang rukun dan bertoleransi sehingga Kota Bitung tetap kondusif, aman dan nyaman dalam perbedaan, mampu membangun Kolaborasi yang baik dan harmoni antara pemerintah, komponen masyarakat, tokoh-tokoh agama, berbagai komunitas, serta keterlibatan investor secara proporsional dan mampu mengimplementasikan visi dan misi secara kongkrit, bergerak cepat melalui kegiatan-kegiatan yang jelas dan terencana, dan mampu membangun komunikasi yang baik dan jaringan yang kuat baik dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dalam sambutannya pada perayaan satu tahun kepemimpinan mengatakan dirinya sangat bersyukur dan bertermakasih kepada masyarakat Kota Bitung yang selalu mendukung dan mensuport program-program pemerintah kota Bitung.

“Saya bersama pak Hengky sadar masih banyak pekerjaan yang harus di selesaikan. Kami berharap apa yang telah direncanakan bisa terealisasi dan terlaksana dengan baik. Untuk mewujudkan semua itu butuh kerja sama dan saling bergotong royong serta Kolaborasi dan kordinasi harus tetap dijalankan agar dalam menjabarkan semua program mudah dan gampang untuk dieksekusi. Dengan begitu semua pasti akan mampu menjalankan program-program ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar menambahkan, dalam memperingati perjalanan satu tahun kepemimpinan MM-HH merupakan hikmah yang diberikan Tuhan kepadanya mendampingi Walikota Maurits Mantiri

“Kami meminta doa kepada masyarakat kota Bitung agar kami bisa terus menjalani semua ini. Karena oni adalah Amanat yang diberikan tuhan kepada kami. Untuk itu kami sangat berharap masyarakat Kota Bitung terus mendukung dan mensuport supaya apa yang menjadi tujuan kami untuk membangun Kota Bitung dan mensejahterakan masyarakat bisa diwujudkan dengan baik. Karena masih banyak tugas dan tanggungjawab yang harus kami selesaikan. Untuk itu, kami akan terus berkerja bersama membangun kota kita ini,” tambahnya.

Berikut ini capaian pembangunan Kota Bitung yang dapat digambarkan secara indikator makro, capaian program strategis unggulan serta penghargaan-penghargaan yang didapat :

1 . Penghargaan Unifersal health coverage dan apresiasi dari BPJS

2 . Penghargaan WTP 10 kali berturut-turut 2011-2021

3 . Penghargaan atas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diberikan kepada pekerja rentan sebanyak 25.000. non ASN/THL 970. aparat kelurahan/perangakat lingkungan 1.270

4 .Penghargaan  Gelar Anugerah Rahita Ekapraya (APE) tahun 2021

5 . Penghargaan atas perlindungan jaminan ketenagakerjaan oleh dirut BP ketenagakerjaan

6 . Penghargaan dari BNN

7 . Penghargaan daftar isian  pelaksana Anggaran (DIPA) 2022 dan wajar tanpa pengecualian (WTP) 2020

8 . Penghargaan PERPAMSI Award 2021

9 . Penghargaan NATAMUKTI 2021

10 . Penghargaan Peringkat pertama dalam PTSL se Provinsi Sulawesi Utara

11 . Penghargaan atas kinerja Pemerintah dalam bidang kebinamargaan dalam penyelenggaraan jalan terbaik kedua Nasional kategori Pemerintah Kota.   

Sementara itu Capaian program unggulan Kepemimpinan Mantiri-Hengky yakni;

  1. Bitung Digital City
  2. Pemasangan titik wifi di seluruh RT (1001 titik) Sudah terpasang 625 titik

 – Micro Data/Bitung satu data 188.129 terdata (83%)

 – Bitung DC/Smart City

  1. Layanan surat menyurat di seluruh perangkat daerah yang terintegrasi dengan sertifikat elektronik BSRE- Absensi event dan Absensi pegawai.
  2. Layanan pengaduan darurat 112 sudah diterapkan Layanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi Balapor.
  3. Layanan Musyawarah tingkat RT sampai kecamatan lewat musyawarah sepakat.
  4. Layanan Infrastruktur Kota lewat Sepakat PUPR. Dashboard Satu Data Kota Bitung yang sementara proses integrasi dengan Badan Pusat Statistik.
  5. Layanan Keuangan lewat Financial Document System (FDS). Jaringan Intranet yang menghubungkan Perangkat Daerah di Kota Bitung.
  6. WIFI Publik yang tersebar di 8 kecamatan,
  7. Layanan informasi publik lewat website pemerintah kota Program talenta digital kerja sama dengan kementrian kominfo
  • Saat ini sudah dilaksanakan pelatihan offline untuk masyarakat dan ASN sudah mencapai 500 orang.
  • Pemberian Smartphone akan dilaksanakan pada triwulan Ill tahun 2022
  1. Bitung Rumah Kita
  • Bedah Rumah
  • Dalam tahapan pengumpulan berkas.
  • Rumah Layak Huni 218 Unit rumah
  1. Bitung Terang Infrastruktur Hebat
  • Bitung Terang (lampu jalan) 1365 titik lampu terpasang
  1. Percepatan jalan mantap 486,18 km
  2. Pemerintahan Hebat
  3. Birokrasi Hebat Nilai B
  4. Kelurahan Hebat

 – Layanan Kelurahan Hebat-pengajuan masyarakat dimana saja dan kapan

  1. Bitung Bangkit
  • UMKM Ketuk Pintu 4534 UMKM
  • Petani / Nelayan Hebat8.312 Org
  • Berkat Ojek 16.453 Orang
  1. Bitung Peduli

– Pemberian insentif Pimpinan Rumah Ibadah (Rp. 1.500.000,-)

  • Dana Duka (Rp. 2.500.000,- per ahli waris)
  • Rp. 6.632.500.000 Beasiswa
  • 10 Beasiswa S-1, 2 beasiswa 5-3 1 Beasiswa S-2 Luar Negeri 500.000.000
  • Bus Lansia
  • Taman Lansia Dalam tahap proses dokumen di Bag PBJ
  1. Bitung Kota Cantik
  • Pemeliharaan Kebersihan kota
  • 120 ton perhari Penataan taman kota
  • Pembangunan Median jalan depan Kantor Walikota Pedestrian Jalan A. Mononutu 650 meter. 

Turut hadir dalam acara ini Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Rita Mantiri Tangkudung bersama Sekertaris I TP PKK Kota Bitung, Ny Ellen Honandar Sondakh dan seluruh KPD, Para Camat, Lurah kepada Dinas PUPR Propinsi Sulut Serta Jajaran PNS Pemkot Bitung.(zet/Advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.