Resmi MoU Dengan Pemkot Bitung, PT Infotek GN Siap Jangkau Internet Sampai ke Pelosok

IMG-20210818-WA0009

Bitung, Sulutreview.com– Touch Down-nya Kota Bitung sebagai Kota Digital. Membuat sejumlah provider Internet terus berdatangan untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bitung dibawah pimpinan Wali Kota Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali Kota Hengky Honandar SE.

Setelah sebelumnya PT Telkom Indonesia. Kali ini pihak Pemkot bekerjaaama dengan Provider PT. Infotek Global Network untuk mendukung ketersediaan internet di wilayah pelosok terpencil seperti di Pulau Lembeh.

Bacaan Lainnya

Kerjasama ini tertuang lewat Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dengan Mon Winowoda selaku Direktur Utama (Dirut) PT. Infotek Global Network, Senin (6/9/2021) bertempat di Tribun Kantor Wali Kota Bitung.

Menurut mantan owner Visikom Bitung ini Mon Winowoda bahwa Pulau Lembeh adalah bagian dari Kota Bitung yang memiliki potensi alam yang luar biasa.

Dengan kerjasama ini, pihaknya akan membangun infrastruktur telekomunikasi dan informatika dengan layanan internet hingga ke seluruh pelosok pada dua kecamatan di Pulau Lembeh yakni Lembeh Selatan dan Lembeh Utara.

menurutnya sudah saatnya seluruh warga Bitung dapat menikmati fasilitas internet apalagi Bitung telah dinobatkan menjadi Kota Digital. Tentu sarana penunjangnya harus dilengkapi salah satunya jaringan Internet.

Mengingat sampai saat ini, lanjut Winowoda, bahwa layanan internet belum sepenuhnya menyentuh. Khususnya yang wilayahnya terpencil atau jauh dari akses internet (blank spot). Padahal kebutuhan akan digitalisasi sangat diperlukan dalam berbagai bidang.

“Sekarang sudah jamannya teknologi. Jadi mau tidak mau harus bisa diakses oleh masyarakat. Nah inilah bentuk kesepakatan bersama dengan Pemkot Bitung dengan visi misi menuju kota digital, tentunya layanan internet bisa sampai di seluruh wilayah Pulau Lembeh,” kata Mon yang ada Gembala Pelayan Tuhan ini.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dalam sambutannya menyampaikan, transformasi digital tidak mungkin terjadi apabila sebagian besar wilayah belum tersambung internet. Ikhwalnya Dengan ketersediaan internet hingga ke pelosok, maka setidaknya akan menciptakan transformasi keadilan, karena selama ini konektivitas digital hanya dinikmati oleh penduduk kota besar.

“Yang namanya konektifitas jaringan itu penting. Karena menjadi bagian dari pembangunan infrastruktur daerah. Untuk itu, saya minta Dinas Kominfo Pak Franky sebagai kepala dinas dan Pak Semuel Muhaling sebagai Kabid Layanan Informasi Humas dan Persandian Kota Bitung yang juga putra Lembeh untuk segera menindaklanjuti MoU ini dan nantinya bisa membangun komunitas – komunitas IT,” ucapnya.

“Sesuai dengan visi misi Maurits-Hengky untuk menjadikan Bitung Kota Digital dengan program 1000 titik WiFi di Kota Bitung akan segera terealisasi. Atas nama Pemerintah Kota Bitung mengucapkan terimakasih kepada PT. Infotek yang sebelumnya sudah bekerja dengan cinta, walaupun tanpa dengan MoU,” tutup Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) Franky Sondakh dalam laporannya mengatakan, sebelumnya 2 (dua) provider sudah bekerjasama dengan Pemkot Bitung terkait dengan digitalisasi di Kota Bitung yakni PT. Telkom dan Icom Net.

“PT. Infotek Global Network yang akan memasang bahkan sudah memasang lewat program CSR, satu titik di kelurahan  Lirang, Kelurahan Dorbolaang dan kelurahan Pasir Panjang. Hingga hari ini sudah ada 24 titik yang sudah terpasang,” singkatnya.

Terpisah, Kabid Layanan Informasi Humas dan Persandian Kota Bitung Drs. Semuel Muhaling menjelaskan bahwa saat ini pemasangan WiFi tersebut diprioritaskan bagi wilayah di pulau Lembeh yang masih masuk Blank Spot.

“Sasaran pemasangan ada 120 titik. Dari ke 24 titik yang sudah terpasang diantaranya, Kelurahan Lirang 5 titik, Mawali 10 titik, Dorbolaang sudah 7 titik dan Kelurahan Pasir Panjang 2 titik,” urainya.

Sem Muhaling menambahkan bahwa titik WiFi tersebut akan dipasang di semua RT di Pulau Lembeh.

“Targetnya sebelum bulan Desember, 120 titik di Pulau Lembeh sudah bisa online. Intinya Pemkot Bitung melalui Dinas Kominfo akan berkomitmen dalam waktu 3 (tiga) bulan sudah bisa dinikmati masyarakat Pulau Lembeh,” pungkasnya.(zet)

banner 300x250