Pemprov Sulut Luncurkan 4 Aplikasi Pelayanan Publik Berbasis Digital

IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut), secara resmi meluncurkan empat aplikasi layanan publik berbasis digital.

Hal itu dilakukan sebagai terobosan peningkatan layanan masyarakat yang semakin disempurnakan.

Bacaan Lainnya

Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sulut Asiano Gammy Kawatu, hadir secara fisik pada momen yang dikemas melalui Launching Empat Aplikasi Inovasi Pelayanan Publik, di aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Selasa (31/8/2021).

Agenda penting tersebut merupakan terobosan dari Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Sulut.

Aplikasi terbaru tersebut merupakan gagasan pintar yang dikerjakan dalam proyek perubahan oleh empat pejabat Eselon II Pemprov Sulut, yang sedang mengikuti PIM II, dan dalam pemaparan masing-masing yakni:

  1. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sulut Dantje Lantang dengan aplikasi Manjo Ka Sulut (Media Center Jaringan Online Akurat Cepat untuk Sulut Hebat), bertujuan untuk terciptanya sinergitas dari semua stakholders terkait dalam memberikan informasi kepada masyarakat.
  2. Kepala ESDM Sulut Fransiscus Maindoka aplikasi Si Tali Merah (Relokasi Pertambangan Liar ke Wilayah Pertambangan Rakyat Kabupaten Bolmong Provinsi Sulut), bertujuan untuk mendapatkan surat usulan Gubernur Sulut yang nantinya disampaikan ke kementerian ESDM.
  3. Kepala Biro Pembangunan Setdaprov Sulut Abdullah Mokoginta dengan Akses Bang Dali (Akses Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur) bertujuan untuk memantau pelaksanaan proyek infrastruktur di Sulut.
  4. Kepala Satpol-PP Sulut Farly Kotambunan mengangkat Papa Pande (Cepat Tanggap PPNS dalam Penegakan Peraturan Daerah) bertujuan untuk menjadi teladan dalam hal peraturan daerah.

Dalam kesempatan ini, Sekdaprov Edwin Silangen secara virtual mengatakan inovasi ini memberikan kemudahan dalam hal pelayanan publik dan dapat memotivasi Perangkat Daerah lainnya untuk menampilkan inovasi-inovasinya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara.

“Diharapkan aplikasi ini menjadi instrumen bagi kemajuan layanan publik di Sulawesi Utara,” ungkap Silangen.

Kegiatan dilanjutkan dengan Launching inovasi Pelayanan Publik oleh asisten Asiano Gammy Kawatu bersama keempat Pejabat PIM II LAN Makasar, Kaban Satpol PP, Karo Adpim, Kadis Pertambangan dan Karo Pembangunan.

Diikuti uji coba aplikasi dan foto bersama.

Sementara itu, Asisten III Asiano Gammy Kawatu mengharapkan semua Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Sulut mengikuti perkembangan zaman yang sudah serba digital, dan terus berkarya di segala aspek.

“Mengutip apa yang disampaikan Pak Sekda bahwa seluruh perangkat daerah akan mengikuti perkembangan dalam aspek apapun,” tukasnya.(srv)

banner 300x250