Wowiling : Penyuluh adalah Ujung Tombak Pertanian

Kepala Dinas Pertanian Ir Novly Wowiling MSi yang didampingi Kabid Penyuluh Patris Saroinsong
IMG-20210818-WA0009

Manado, Sulutreview.com – Penyuluh memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan dan kemajuan sektor pertanian. Hal itu perlu ditunjang dengan kompetensi dan sumber daya manusia (SDM) yang andal.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian Ir Novly Wowiling MSi yang didampingi Kabid Penyuluh Patris Saroinsong, penyuluh merupakan ujung tombak pertanian. Karena kehadiran mereka sebagai pendamping petani akan menentukan kualitas maupun volume hasil panen.

Bacaan Lainnya

“Penyuluh adalah ujung tombak pertanian, mereka akan menjadi pendamping petani sehingga mampu meningkatkan produktivitas,” ungkap Wowiling di tengah kegiatan pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) penyuluh yang digelar di Hotel Grand Puri, Kamis (27/5/2021).

Melihat peran penyuluh tersebut, Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut, secara khusus memberikan pelatihan dan bimtek kepada 30 orang penyuluh.

“Untuk penyuluhan kali ini, kami melibatkan 30 orang penyuluh dari Kabupaten Minahasa Selatan dan Bolaang Mongondow,” ujarnya.

Kedua daerah tersebut merupakan wilayah pertanian dengan sumbangan kontribusi hasil padi sebesar 60 persen.

“60 persen pertanian kita disumbang di dua daerah tersebut. Makanya penyuluhan ini dilakukan rutin setiap tahun,” tandasnya sembari menambahkan agar transfer ilmu dapat diteruskan ke petani sebagai kebaikan budaya.

“Peningkatan sumber daya manusia, khususnya transfer ilmu kepada petani merupakan prioritas,” tukasnya.

Seiring berjalannya waktu, petani perlu diedukasi dengan berbagai perkembangan yang ada. Terutama dapat mengikuti pengolahan, mulai tanam sampai panen secara modern.(eda)

banner 300x250