UAS Tingkat SMP di Minsel Diikuti 3.600 Siswa

Kepala Dinas Dikpora Minsel Fietber Raco saat memantau jalannya UAS
IMG-20210818-WA0009

Amurang, Sulutreview.com – Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkat SMP di Minahasa Selatan (Minsel) diikuti 3.600 siswa.

Kepala Dinas Dikpora Minsel Fietber Raco mengatakan, pelaksanaan UAS tingkat SMP ini digelar selama empat hari. Yakni mulai dari Senin-Kamis (19-22/4/2021).

Bacaan Lainnya

“Di hari pertama dan kedua pelaksanaan ujian semuanya berjalan dengan baik,” ujar Raco.

Meski pelaksanaan ujian dilaksanakan di sekolah-sekolah, namun Raco mengaku semua sekolah melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes).

Pencegahan penyebaran Covid-19, adalah yang utama. Semua sekolah melakukan hal tersebut. Yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan tempat cuci tangan sebelum melaksanakan kegiatan semuanya lengkap disiapkan.

Pada pelaksanaan UAS kali ini, sebut Raci, seluruh kepala sekolah dilarang mengambil pungutan biaya kepada orang tua murid.

“Tidak ada biaya apapun ditarik kepada orang tua siswa, bahkan untuk bawa konsumsi di sekolah oleh orang tua siswa juga tidak diperbolehkan,” tegas Raco lagi.

Larangan itu lanjutnya, sudah disampaikan kepada semua kepala sekolah. Karena hal itu sudah ditata dalam anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Untuk diketahui pelaksanaan UAS tingkat SMK sudah dua hari dilaksanakan, dan hari ini adalah hari ketiga. Di hari pertama siswa melaksanakan ujian dengan mata pelajaran Agama dan Bahasa Indonesia. Sedangkan di hari kedua mata pelajaran PKN dan Matematika.

Pelaksanaan UAS tahun ajaran 2020/2021 mendapat pengawasan dari pemerintah daerah langsung oleh Wakil Bupati Minsel Petra Rembang. Monitoring dilakukan disejumlah sekolah yang didampingi Kepala Dinas Dikpora. Monitoring dilakukan di SMP N 1 Amurang dan SMP N 1 Amurang Timur.(srv)

banner 300x250