Wawali Hengky Honandar Paparkan Kondisi Perikanan Bitung ke Jerry Sambuaga

0
174

Hengky Honandar saat menjelaskan kepada Wamendag Jerry Sambuaga

Bitung, Sulutreview.com- Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI), Jerry Sambuaga Kamis (16/04/2021). Mengunjungi Kota Bitung Sulawesi Utara dalam rangka kunjungan kerjanya.

Kedatangannya tersebut, untuk memantau kondisi perdagangan di Kota Bitung, khususnya dalam hal perikanan dan juga stock bahan-bahan makanan di bulan suci Ramadhan saat ini.

Terpantau wartawan, saat tiba di Kota Bitung, Wamendag Jerry Sambuaga langsung dijemput oleh Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar SE yang meninjau di Perusahan Perikanan Cold Storage PT. Indo Lautan Mas yang beralamat di Kelurahan Manembo-nembo Bawah, Kecamatan Matuari, Kota Bitung.

Wawali Hengky Honandar pun sepintas terlibat saling tanya jawab dan menyampaikan terkait teknis kondisi perikanan yang saat ini di Kota Bitung dan Cold Storage tersebut.

Wamendag dalam sambutanya memberikan apresiasi atas dukungan Pemkot Bitung kepada para pelaku usaha. Untuk itulah Kota Bitung menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan kami untuk memberikan bantuan Sistem Resi Gudang (SRG) dari 123 SRG.

“Kota Bitung salah satu kota yang akan kami berikan bantuan SRG. SRG itu sangat baik kepada para pelaku usaha baik dibidang pertanian dan perikanan. Kegunaanya untuk menyimpan 20 komoditi, yakni hasil laut atau hasil bumi jika harga penjualanya sedang barada dibawa harga normal. Jadi kita bisa menyimpanya dengan waktu cukup lama untuk menunggu waktu harga di pasaran kembali normal,” jelas Sambuaga.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar, SE yang juga basicnya sebagai pelaku usaha, dibidang perikanan berharap agar Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perdaganan bisa membantu serta mencarikan solusi dari persoalan ini,

“Jadi kami berharap Pak Wamendag bisa mencarikan solusi, karena Pak Wamen sudah melihat sendiri bagaimana cool storage sebesar ini ikannya sedikit malahan kosong sama sekali,” bebernya.

Menanggapi akan hal tersebut, Wamen melalui staf kementerian mengatakan bahwa ini sudah di catat dan akan dirapatkan di kementerian nantinya,

“Jadi keluhan dari para pelaku usaha dan pemerintah setempat sudah kami catat, yang kemudain akan dirapatkan di Kementerian nantinya,” pungkas salag satu staf dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.

Usai meninjau PT. Indo Lautan Mas, Wamen beserta rombongan yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Bitung menuju pelabuhan Perikani Aertembaga, Kota Bitung selanjutnya mampir ke pasar Girian untuk menjinjau situasi pasar saat bulan Ramadhan.

Berikut 20 Komoditi dalam SRG 1. Gabah, 2. Beras, 3. Jagung, 4. Pala, 5. Kopi, 6. Kopra,7. Bawang Merah, 8. Timah, 9. Gambir, 10. Rotan,11. Rumput Laut, 12. Karet, 13. Teh, 14. Lada, 15. Ayam Beku Karkas, 16. Ikan, 17. Kakao, 18. Garam, 19. Gula Kristal Putih, 20. Kedelai.(zet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here