Hari Pahlawan, Wabup Minahasa Ajak Masyarakat Lawan Permasalahan Bangsa

0
62
Peringatan Hari Pahlawan berlangsung khidmat

Tondano, Sulutreview.com – Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey, S.Si menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan ke-75 tahun 2020 di halaman Kantor Bupati Minahasa, Selasa (10/11/2020).

Wabup Dondokambey membacakan amanat Menteri Sosial RI, yang mengatakan agar Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap 10 November saja. Namun lebih dari itu, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa.

Tema Hari Pahlawan tahun 2020 yaitu Pahlawanku Sepanjang Masa.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” tegas Wabup Dondokambey.

Dikatakannya, meski dalam masa pandemi Covid 19, peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 diharapkan berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggungah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri Negeri ini,” sambungnya.

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi Pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini,” sebut Dondokambey.

Lanjutnya, agar setiap elemen dapat membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Selesai upacara, dilakukan ziarah ke makam Dr GSSJ Ratulangi dan Kapolres, AKBP Henzly Moningkey bertindak selaku inspektur.

Kegiatan ini juga dihadiri Dandim 1302 Minahasa, Letkol. Inf. Herberth Andi Amino Sinaga S.IP, Sekretaris Daerah Minahasa, Frits Muntu S.Sos, mewakili Kajari, Kasi Intel, Nofrianto Sihombing, SH, MH, para asisten dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa serta para siswa SMA.(engel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here