Kolongan Tetempangan Jadi Desa Digital Pertama di Sulut

0
321
Wabup Joppi Lengkong mencoba sistem pembuatan surat secara daring disaksikan hukumtua Koltem Demas Kasegel (kedua dari kanan) dan tokoh masyarakat Denny Wowiling (kanan)

Airmadidi, Sulutreview.com – Wabup Minahasa Utara Ir. Joppi Lengkong Msi meresmikan Desa Kolongan Tetempangan (Koltem) kecamatan Kalawat menjadi desa digital pertama di provinsi Sulawesi Utara.

Lewat desa digital ini, warga desa dapat memperoleh layanan administrasi dari pemerintah desa melalui aplikasi android Goltem yang dapat diunduh di play store atau melalui situs internet www.desakoltem.com.

Dalam sambutannya, Wabup Lengkong mengapresiasi apa yang telah dilakukan Desa Koltem di bawah kumtua Demas Kasegel. “Ini sangat membanggakan karena di Provinsi Sulut, baru Desa Koltem yang menjadi desa digital. Tentunya ini menjadi tonggak sejarah di Minut dan bahkan di Sulut,” kata Lengkong.

Lanjutnya, lewat pelayanan daring ini, akan mempercepat pelayanan dari pemerintah desa kepada masyarakat setempat. “Sekarang memang sudah saatnya pelayanan secara digital sebab lebih efisien dan transparan,” imbuh wabup.

Glendy Wowiling ST MT memaparkan aplikasi Goltem di hadapan pemerintah dan undangan

Senada disampaikan tokoh masyarakat Drs Sompie Singal MBA. Mantan bupati Minut yang peduli dengan kearifan lokal ini bangga. Pasalnya digitalisasi pelayanan pemerintah desa ini dipersembahkan oleh salah satu warga desa Koltem, Glendy Wowiling ST MT.

“Saya salut dengan Glendy Wowiling, salah satu putra terbaik Minut. Sebab ilmu yang didapat lewat menuntut kuliah di Bandung, dia persembahkan untuk desa sendiri. Ini tentunya bagian dari wujud iman yang ia miliki. Mengabdi bagi masyarakat, keluarga dan pemerintah,” ujar Singal.

Sementara kumtua Demas Kasegel bersyukur program desa digital disokong Sompie Singal dan Joppi Lengkong. “Ide ini digagas saudara Glendy Wowiling dan pemerintah desa langsung jemput bola. Setelah mendapat masukan dari bapak Sompie Singal dan pak Wabup Joppi Lengkong, kami langsung merealisasikannya hingga dapat merealisasikannya hari ini,” tutur kumtua.

Drs Fredriek Sirap selaku Ketua BPD Koltem juga mengapresiasi peran Sompie Singal dan Joppi Lengkong dalam realisasi desa digital Koltem. “Keberadaan aplikasi Goltem tak lepas dari sumbangsih finansial mereka untuk kemajuan masyarakat dan pemerintah desa Koltem,” tandas mantan ketua KPU Minut ini.

Dalam penjelasannya, sang penggagas Glendy Wowiling ST MT mengatakan dalam aplikasi Goltem (Go Online Kolongan Tetempangan) bermanfaat bagi e-budgeting, pembuatan surat desa, forum diskusi antar masyarakat dan informasi desa.

Turut hadir dalam launching antara lain wakil ketua DPRD Minut Olivia Mantiri, ketua Fraksi Golkar Edwin Nelwan SP, legislator Paultje Sundah, para perangkat desa dan anggota BPD.(art)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here