Co-Founder Katadata Ingatkan Jurnalis Ekonomi Sajikan Berita Berkualitas

0
68

Manado, Sulutreview.com – Era digital yang diikuti dengan bertumbuh suburnya media online dewasa ini, menjadi kesempatan untuk menyajikan informasi dan pemberitaan dengan konten yang berkualitas.

Karenanya, para jurnalis, di masa yang penuh tantangan ini diingatkan untuk bekerja dengan mengedepankan motivasi yang benar. Bukan hanya sekedar mengejar viewer yang kemudian mengabaikan norma dan kualitas.

“Saat ini masyarakat sudah memakai gadget, maunya begitu klik langsung mendapatkan informasi dengan cepat. Sehingga peluang ini yang dimanfaatkan media, khususnya online untuk sekedar klickbait, mengejar traffic semata sehingga mengabaikan konten berkualitas,” ungkap Co-Founder dan CEO Katadata.co.id, Metta Dharmasaputra dalam Webinar Digital Journalism Workshop yang mengusung topik Pemanfaatan Media Digital untuk Komunikasi Kebijakan yang Lebih Efektif yang digagas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut, Jumat (17/7/2020).

Lanjut kata Metta, untuk pemberitaan yang berkualitas tentunya harus mengedepankan data dan fakta. Memang untuk merealisasikannya, tidak mudah. Hal itu dibutuhkan upaya sehingga pemberitaan ditampilkan dengan grafis yang menarik.

“Info grafis sangat penting, hal itu perlu disajikan dengan format yang menarik sehingga memudahkan pembaca untuk masuk dalam pikirannya. Info grafis itu bukan poster atau kumpulan data mozaik tetapi sebuah konten yang bercerita. Nah, data yang diambil kemudian dipantulkan dalam portal akan menjadi informasi yang berkualitas,” tukasnya.

Metta juga menyampaikan di era digital saat ini, akan menjadi tantangan tersendiri bagi keberadaan media cetak.

“Media cetak tidak akan mati, tetapi akan mengalami penurunan. Sebab, pembaca dewasa ini lebih memilih mendapatkan informasi melalui gadget. Untuk itu, konten berkualitas harus tetap dikedepankan,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulut, Arbonas Hutabarat mengatakan BI di usianya yang ke-67 tahun mengusung tema Bersinergi Membangun BI Digital 4.0 dan Indonesia Maju.

Hal ini menunjukkan bahwa BI berkomitmen untuk terus bertransformasi mengikuti arah perkembangan zaman yang serba digital, terutama dalam perumusan kebijakan, inovasi business process, dan berkomunikasi dengan masyarakat

“Untuk itulah kami, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara bertekad untuk ikut membantu meningkatkan kapasitas para pewarta daerah baik yang berasal dari instansi swasta maupun kepemerintahan, agar kita dapat bersama-sama membangun ekosistem komunikasi kebijakan daerah yang koheren, relevan, dan tepat sasaran,” ujarnya.

“Kami harapkan workshop ini mampu memberikan manfaat yang maksimal bagi para peserta, agar nantinya kita dapat bersama-sama tumbuh menjadi komunikator kebijakan yang transformatif dan fasih dalam memanfaatkan media-media digital yang kini telah lumrah dikonsumsi oleh masyarakat,” sebutnya.

Hadir sebagai pembicara lainnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dengan materi Mengendalikan Ekspektasi Masyarakat melalui Media Komunikasi.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here