Rektor Unsrat Bahas Persoalan Pendidikan di Virtual Konsorsium PTN-KTI

0
110

Manado, SULUTREVIEW – Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA yang juga sebagai Ketua Konsorsium Perguruan Tinggi Kawasan Timur Indonesia, menggagas Pertemuan Virtual Konsorsium PTN-KTI yang dilaksanakan Rabu (03/06/2020).

Konsorsium Perguruan Tinggi Kawasan Timur Indonesia tetap konsisten dan tanggap menanggapi berbagai persoalan pendidikan di Kawasan Timur Indonesia, terlebih saat ini dalam kondisi Pandemi Covid – 19.

Respon kreatif ini dilakukan melalui pertemuan virtual yang melibatkan para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di Kawasan Timur Indonesia dan mendapat respon positif dari semua anggota Konsorsium.

Melalui pertemuan Virtual ini juga menghasilkan langkah-langkah antisipatif dalam masa pandemi Covid – 19.

Prof Kumaat yang juga sebagai Ketua Konsorsium PTN-KTI mengatakan  perguruan tinggi berada dalam suatu kondisi di mana telah terjadi perubahan dalam bekerja, berinteraksi dan bertransaksi dalam perspektif pendidikan.

“Di sinilah kita dituntut untuk mampu mengintegrasikan teknologi dalam penerapan lifelong learning di era Industrial Revolution 4.0 harus dilaksanakan. Jika ukurannya demikian, maka tidak bisa dipungkiri proses pembelajaran harus memenuhi konsep blended learning,” ungkapnya.

Paling tidak, sebut Kumaat, dosen harus mampu memanfaatkan kanal-kanal berbasis Learning Management System dalam proses pembelajaran.

“Dosen harus peka dalam menghadapi tantangan saat ini, manfaatkan kanal-kanal berbasis Learning Management System dalam proses pembelajaran,” tandasnya.

Zoom Meeting ini juga membicarakan terkait pelaksanaan UTBK, UKT dan hal lain terkait eksistensi PTN-KTI di masa Pandemi Covid 19.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here