Olly Luangkan Waktu Bertani di Tengah Pandemi Covid-19

0
137

Manado, SULUTREVIEW

Di tengah pandemi Covid-19 yang terus meluas, tak menyurutkan semangat Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk meluangkan waktu sejenak dengan melakukan aktivitas bertani.

Bagi Olly, bertani menjadi kesempatan untuk mengolah tanah serta bercocok tanam, yang pada akhirnya akan menuai berbagai tanaman pangan.

Di sisi lain, dengan melakukan aktivitas di bawah terik matahari justru akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan, yakni vitamin D.

“Bagi masyarakat Sulawesi Utara, mari kita olah tanah. Mari kita menanam dan embali ke kebun,” kata Olly Selasa (14/04/2020).

Kepada seluruh masyarakat yang ada di Sulut, Olly memberikan semangat agar tidak mudah menyerah menghadapi tantangan di tengah situasi sukar akibat pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia.

“Jangan kita terpuruk dengan keadaan ini, sambil tetap menjaga jarak dan kebersihan, lakukan aktivitas yang memberikan manfaat,” ujarnya.

Olly bilang alam Sulut sangat diberkati Tuhan. Tanahnya subur sehingga hanya dengan kemauan dan kerja keras untuk mengolahnya, maka seluruh masyarakat akan menikmati hasilnya.

“Ada banyak lahan tidur yang terhampar di sekitar tempat tinggal kita. Itu dapat dimanfaatkan dengan menanam tanaman pangan. Kalau kita merawatnya dengan teratur maka kebutuhan pangan bukanlah hal yang sulit untuk dipenuhi,” jelasnya.

Selama tiga bulan kedepan, sambung Olly, kebutuhan pangan harus disiapkan. “Karena Covid-19 ini belum kita ketahui sampai kapan. Untuk itu, kita harus siap,” sebutnya.

Diketahui, soal mengolah tanah dan bertani, bagi Olly itu sudah menjadi bagian aktivitasnya di sela kesibukan sebagai gubernur.

Bahkan Olly telah lama memberdayakan dan terus mendorong petani dan warga di sekitar kediamannya di Desa Kolongan, Kabupaten Minahasa Utara untuk mengerjakan lahan tidur menjadi sawah padi dan berbagai tanaman pangan lainnya.

Olly mengatakan dirinya sangat antusias, apalagi ketika hasil kerja keras itu mulai dipanen.

Terlihat Olly yang tampak mengenakan masker dan pakaian sederhana Iayaknya seorang petani, yakni kaos oblong berwarna orange dengan setelan celana pendek dan mengunakan topi koboi coklat mengendarai alat pemanen padi (combine harvester).

Olly ternyata sangat mahir mengendalikan alat tersebut sambil berputar-putar memanen padi di area ladang padi tersebut.

“Lahan perkebunan ini menghasilkan padi secara terus menerus, karena intens dirawat sejak awal penanaman bibit hingga siap panen.(hil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here