Siswa SD dan SMP Minsel Bakal ‘Dipersenjatai’ PC Tab

0
272
Kadis Pendidikan Fietber Raco

Amurang, Sulutreview.com

Siswa SD dan SMP di Minahasa Selatan (Minsel) akan ‘dipersenjatai’ Personal Computer (PC) Tab. Hal itu, sebagai persiapan menghadapi persaingan di bidang pendidikan.

Tidak tanggung-tanggung, untuk merealisasikannya pemerintah pusat lewat dana BOS menggelontorkan anggaran Rp 5 miliar.

“Kita tidak bisa lagi dengan cara konfensional menghadapi persaingan saat ini. Apa lagi kita sudah berada di era 4.0 yang sangat memerlukan akses jaringan internet dan tentunya hard ware-nya seperti PC Tab. Ini merupakan program dari pemerintah pusat untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan. Program disalurkan melalui Dana BOS yang dilaksanakan tahun lalu tapi disalurkan pengadaannya tahun ini,” terang Kadis Pendidikan Fietber Raco saat ditemui awak media, Kamis (05/03/20).

Pada tahap awal pemberian fasilitas PC Tab baru ditujukan bagi sekolah negeri. Targetnya paling tidak 20 persen dari jumlah siswa di Minsel.

Ke depannya program akan dilanjutkan guna memenuhi semua jumlah siswa dan guru.

Langkah ini guna memenuhi metode belajar yang memang seharusnya sudah melampaui era digital.

“Bila fasilitas telah sampai, penggunaannya akan diatur agar untuk mencegah dari kehilangan atau kerusakan. Perlu juga saya ingin sampaikan agar dapat dipergunakan secara maksimal untuk meningkatkan kualitas ajar. Disini kesiapan dari tenaga guru sangat dituntut, maka dari itu harus mampu meningkatkan kualitas termasuk penguasaan perangkat dan sistem pembelajaran berbasis IT,” tekannya.

Menyangkut penguasaan pembelajaran berbasis IT, Dinas Pendidikan berencana menyusun program pelatihan. Sehingga kedepan sistem belajar mengajar benar-benar berbasis IT dengan memanfaatkan perangkat PC Tab.

“Harus diakui banyak guru belum memahami bagaimana menggunakan IT sebagai basis proses belajar mengajar. Maka dari itu kita akan mengupayakan memberikan pelatihan. Temasuk bagaimana menyusun materi ajar dengan memaksimalkan perangkat PC,” kunci Raco.(noh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here